Referensi Medis untuk Menghilangkan Bekas Luka

By | August 22, 2017

Mempunyai kulit yang mulus tentunya menjadi dambaan setiap orang, akan tetapi seringkali terjadi beberapa hal yang membuat kulit mulus harus terluka hingga meninggalkan bekas, sehingga banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan bekas luka. Dan berikut ini adalah referensi medis yang bisa dijadikan pedoman untuk menghilangkan bekas luka yang membandel, yaitu:

  1. Dermabrasi

Referensi medis pertama yang bisa dijadikan acuan untuk mengatasi masalah bekas luka adalah menjalani dermabrasi. Cara ini adalah operasi kecil di kulit wajah dengan memakai beberapa macam teknik sehingga bisa menghasilkan kulit wajah yang rata dan mulus karena lapisan kulit pada bagian atas kulit wajah akan terbuang. Dermabrasi biasa dilakukan bagi orang yang mempunyai bekas luka pada wajah, seperti misalnya luka bakar, bekas jerawat, serta menyamarkan garis-garis keriput pada wajah. Dermabrasi menggunakan semacam alat yang bentuknya seperti kipas penyayat yang mempunyai roda mutiara. Alat ini akan diaplikasikan pada wajah untuk membuang kulit mati. Ketika dilakukan dermabrasi pda wajah, biasanya akan diberi bius lokal agar pasien tidak merasakan nyeri.

  1. Microdermabrasi

Metode ini adalah salah satu jenis perawatan kulit wajah yang bisa dilakukan baik untuk perempuan, maupun laki-laki. Manfaat dari microdermabrasi adalah mengikis luka yang leih dangkal serta leih kecil misalnya garis halus, bekas jerawat ringan, serta bintik hitam. Metode mikrodermabrasi sendiri adalah mengelupas kulit lapisan bagian atas dengan menggunakan alat khusus yang bisa menyemprotkan kristal alumunium oksida. Oleh karena itu, bagi yang ingin mempunyai wajah leih cerah, bisa menjalani perawatan ini.

  1. Suntikan Steroid

Suntikan steroid ialah suntikan untuk jerawat yang berguna untuk mengempeskan radang jerawat serta menghilangkan bekas jerawat dalam jangka waktu 1-2 hari. Jerawat di kulit tentunya membuat risih dan membuat penampilan tidak oke, namun hal tersebut kini bisa diatasi dengan suntikan steroid. Suntikan ini juga bisa menghilangkan bekas jerawat tanpa rasa sakit dengan cara menyuntikkan steroid pada bekas jerawat berulang kali. Apabila pasien mempunyai banyak jerawat, suntikan tidak diberikan pada setiap jerawat, namun hanya akan diberikan pada beberapa titik di area wajah saja.

  1. Laser Resurfacing

Laser resurfacing merupakan jenis perawatan kulit yang aman dan tanpa efek samping, guna dari perawatan ini adalah untuk menyamarkan noda di wajah, seperti flek, bintik hitam, dan bekas jerwat, selain itu juga berguna untuk mengurangi kerutan.

Itulah beberapa referensi medis mengenai cara perawatan wajah khususnya yang berkaitan dengan menghilang bekas luka atau noda di wajah. Tekik-teknik ini tidak membutuhkan waktu pemulihan yang lama, hal ini karena penggunaan laser ini bisa untuk membantu produksi jaringan kolagen pada bagian kulit atas tanpa merusak lapisan kulit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *