Referensi Medis untuk Menghindari Melahirkan Secara Caesar

By | October 4, 2017

Bukan hanya satu dua ibu saja yang menginginkan untuk melahirkan secara normal tentunya dengan berbagai macam alasan dan juga anggapan. Banyak yang mengatakan pada kelahiran normal itu akan lebih cepat saat pemulihan dari pada saat persalinan secara operasi caesar. Tetapi tidak sedikit pula yang memilih untuk melakukan operasi pada saat kelahiran dengan pendapatnya masing-masing. Sebagai masyarakat umum tidak bisa langsung percaya dengan pendapat-pendapat orang, harus disertai referensi medis yang membuktikan kebenaran mengenai pendapat tersebut. Apakah ada dari medis mengatakan lebih baik normal atau lebih baik caesar, semuanya dilihat lagi dari kondisi masing-masing ibu.

Baca juga: Referensi Medis Untuk Menghilangkan Bekas Luka Membandel

Baik melakukan persalinan secara normal ataupun harus operasi yang paling penting baik untuk kesehatan keduanya baik ibu maupun bayi yang dilahirkan. Dalam melahirkan secara normal dokter lebih harus menangani secara sabar karena semuanya melalui proses alami. Tidak seperti melakukan operasi dapat bergegas dan segera dilaksanakan. Berikut ini beberapa tips dari pihak medis yang menghindarkan para ibu supaya tidak melahirkan secara caesar, antara lain:

  • Menstabilkan berat badan sampai dengan masa kelahiran.

Meningkatnya berat badan saat hamil itu baik tetapi akan tidak baik jika hal tersebut berlangsung secara berlebihan. Karena obesitas yang dialami seorang anak dapat terjadi dari semenjak masa kehamilan. Cara untuk tetap menjaga berat badan yang stabil yaitu selalu melakukan olahraga ringan secara rutin, misalnya saja berjalan kaki, berenang, yoga, senam hamil atau lainnya. Lalu referensi medis yang tidak boleh dilupakan yaitu menerapkan pola sehat makan yang seimbang seperti buah dan sayur, makanan yang mengandung protein, susu ataupun biji-bijian.

  • Kebutuhan istirahat yang cukup saat menjelang kelahiran.

Jangan pernah meremehkan untuk waktu istirahat seseorang yang sedang hamil, karena akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada biasanya. Waktu persalinan yang lebih banyak menguras tenaga akan membuat lelah. Tetapi untuk melakukan tidur seorang ibu hamil pasti akan merasakan kesusahan. Tidurlah secara berbaring yang nyaman, jika diperlukan pakai bantal untuk penyangga kaki maupun badan. Hal tersebut dilakukan untuk upaya meningkatkan kebugaran fisik saat persalinan.

  • Kenali waktu persalinan.

Saat mengetahui Anda sedang hamil tentunya akan selalu rutin untuk melakukan check up kesehatan baik calon bayi ataupun ibu sampai dengan masa persalinan. Artinya seorang dokter atau bidan telah memahami perkiraan waktu yang akan digunakan untuk proses persalinan. Jadi Anda paham saat kondisi seperti apa harus datang kerumah sakit, waktu pembukaan berapa harus datang ke bidan.

  • Memilih bidan.

Setiap bidan mempunyai tugas dan fungsi yang sama, tetapi dari bidan satu dengan lainnya tentu akan berbeda dalam cara penanganan saat persalinan. Maka dari itu untuk memilih bidan Anda harus mendapatkan referensi medis dahulu yang tepat baik itu dari pelayanan apakah sudah terbukti aman atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *