Resep Madura untuk Obat Herbal Asma

By | December 15, 2016

Pulau Madura lebih dikenal sebagai pulau penghasil garam dan identik dengan budaya karapan sapi. Selain dua hal tersebut, sebenarnya Pulau Madura memiliki keunggulan lain, yaitu di bidang pengobatan dan penyembuhan. Ramuan khas Madura dikenal manjur dan banyak dicari oleh orang untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu ramuan khas Madura yang sangat dikenal luas oleh publik adalah ramuan untuk kejantanan lelaki. Nenek Moyang orang Madura memang mewariskan resep pusaka tradisional yang berasal dari bahan-bahan alami untuk pengobatan. Selain pengobatan, resep pusaka Madura sering dipakai untuk mempercantik penampilan wanita. Salah satu resep Madura di bidang pengobatan adalah obat herbal asma. Asma yang umumnya berhubungan dengan pernafasan sebenarnya bisa diobati dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa obat asma yang diambil dari resep pusaka Madura.

Bawang Putih

Pemanfaatan bawang putih sebagai obat asma memang sudah dikenal luas. Namun, masyarakat Madura memanfaatkan bawang putih sebagai obat herbal asma dengan cara yang khas. Bawang putih dimanfaatkan sebagai campuran ramuan yang sangat ampuh untuk obat asma. Cara membuat ramuan dengan bahan bawang putih cukup mudah. Bahan-bahan yang harus Anda persiapkan adalah beberapa siung bawang putih, daun serih, dan sesendok madu. Kupaslah bawang putih dan diiris kecil-kecil, kemudian rebus di air mendidih secukupnya. Masukkan juga daun serih yang sudah dicuci ke dalam air rebusan bawang putih tersebut. Setelah mendidih dan mengeluarkan aroma yang tajam, tuangkan air rebusan tersebut ke dalam gelas, dan tambahkan sesendok madu untuk mempermanis rasa dan mengurangi aroma khas bawang putih yang sangat menyengat. Minumlah air rebusan daun serih dan bawang putih tersebut secara rutin setidaknya sehari sekali selama seminggu, atau dua hari sekali selama tiga hari, maka asma akan berkurang bahkan sembuh. Selain mengandung zat antioksidan yang tinggi, bawang putih juga akan menghangatkan tubuh sehingga bisa bernafas lebih longgar.

Olahan Hati Kelelawar dan Kemiri

Resep tradisional Madura yang sangat ampuh untuk mengobati asma atau bengek adalah olahan hati kelelawar/ kalong dan kemiri. Obat ini mungkin terdengar agak ekstrem bagi mereka yang tidak terbiasa mengkonsumsi makanan yang aneh. Namun untuk khasiatnya dalam mengobati asma, resep tersebut tidak perlu diragukan lagi. Caranya adalah, siapkan hati kelelawar dan dua butir kemiri yang dibuang kulitnya, Siapkan juga sesendok kecil gatam dan segumpal asam tua.

Cara membuat obat herbal asma dengan bahan-bahan tersebut sangat mudah. Tumbuklah kemiri sampai halus dan kemudian campurkan dengan asam yang telah dicairkan. Tumbukan kemiri yang dicampur dengan asam cair tersebut akan mengental. Tambahkan sesendok kecil garam kemudian aduk sampai rata. Rendamlah hati kelelawar dan remas secara perlahan agar bumbu dari kemiri dan asam tersebut meresap. Setelah direndam selama sekitar 10 menit, gorenglah hati kelelawar tersebut hingga matang. Makanlah hati kelelawar goreng tersebut selama setidaknya tiga kali selama tiga hari berturut-turut, maka asma dapat sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *