Resep Perawatan Tubuh Perempuan Madura

By | December 14, 2016

Pulau Madura dikenal memiliki resep pusaka tradisional dalam hal perawatan tubuh yang merupakan warisan dari para puteri Keraton Sumenep. Resep pusaka tradisional tersebut masih digunakan hingga sekarang dan sangat bermanfaat bagi generasi terkini. Misalnya, pemanfaatan beberapa resep pusaka tradisional dalam hal menjaga kejantanan atau menjaga kewanitaan yang sudah dikenal luas hingga mancanegara. Di antara resep Madura yang paling dikenal adalah resep perawatan tubuh. Perempuan Madura memang dikenal pandai merawat tubuhnya sehingga tidak jarang banyak orang yang bertanya mengenai tips atau kiat-kiat perempuan Madura dalam merawat tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa resep Madura untuk merawat tubuh agar terlihat lebih menarik.

  • Mengencangkan Buah Dada

Banyak kaum Hawa yang sering mengeluh karena seiring bertambahnya usia, buah dada mulai mengendur, sehingga merasa kurang percaya diri. Buah dada memang merupakan salah satu daya tarik dari kaum Hawa, sehingga harus selalu dijaga agar memiliki penampilan yang menarik. Untuk menjaga kekencangan buah dada, caranya cukup mudah. Siapkan dua buah pinang muda, ambil dagingnya kemudian tumbuk hingga halus. Siapkan juga sekitar 10 lembar daun lenjuhang (jenis daun yang banyak ditemukan di semak belukar), tumbuk juga hingga halus. Dua bahan yang sudah ditumbuk halus itu kemudian ditambahkan dengan setengah gelas air hangat dan tambahkan satu sendok kecil garam. Poleskan bahan yang sudah berbentuk lulur tersebut ke sekujur bagian buah dada yang akan berfungsi sebagai masker. Jangan sampai ramuan tersebut mengenai puting. Dengan menggunakan ramuan perawatan tubuh ini setidaknya tiga kali seminggu, maka buah dada akan kembali kencang dan montok.

  • Menyuburkan Rambut

Bagi wanita, rambut merupakan mahkota yang sangat berharga. Kecantikan seorang wanita banyak ditunjang dari rambutnya, sehingga para wanita selalu berusaha menjaga keindahan rambutnya. Agar rambut tetap subur dan sehat, perempuan Madura memiliki ramuan khusus yang akan membuat rambut lebih mengkilat. Caranya, carilah air embun di sela-sela batang pisang. Untuk lebih mudah menampung air embun, potong/lukailah sedikit bagian batang pisang dan siapkan wadah yang diikat di bagian bawah batang yang sudah dilubangi untuk menampung air embun. Tunggu hingga keesokan harinya hingga embun tertampung. Gunakan tampungan air embun tersebut untuk membasahi kulit kepala setiap pagi, maka rambut akan tumbuh subur dan cemerlang.

  • Agar Tubuh Singset

Perempuan Madura juga dikenal pandai dalam menjaga kelangsingan tubuhnya agar tetap terlihat ramping dan singset. Perempuan Madura memiliki ramuan khusus untuk menjaga agar tubuh tidak gemuk dan tetap langsing. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan mengambil daun teh yang agak banyak kemudian diseduh hingga rasanya sangat pahit. Campurkan seduhan teh pahit tersebut dengan jeruk nipis yang dipotong menjadi empat bagian dan kemudian peras ke dalam cangikir. Minumlah setengah gelas campuran teh pahit dengan jeruk nipis tersebut, sedangkan setengah gelas sisanya bisa disimpan dan dimunim sekitar lima jam kemudian. Jika ramuan perawatan tubuh ini diminum secara teratur setiap hari, maka tubuh akan tetap langsing, singset, dan akan selalu terlihat segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *