Sebenarnya, Apa Perbedaan Obat Generik dan Paten?

By | May 6, 2018

Saat memeriksakan diri ke dokter, biasanya pasien meminta obat paten. Salah satu alasannya adalah, mereka tak mempan jika mengkonsumsi obat generik, atau pasien tak yakin dengan obat murah, sehingga mereka menganggap, obat murah kualitasnya juga murah. Padahal, pada kenyataannya anggapan tersebut adalah anggapan yang salah kaprah dan harus diluruskan. Dalam dunia farmasi serta kedokteran, terdapat 2 jenis obat yakni jenis generik dan paten.

Obat Paten

Sebelum masuk ke obat generik, terlebih dahulu kita akan membahas obat paten. Obat paten adalah obat yang diproduksi dan dipasarkan sebuah perusahaan obat yang mempunyai hak paten untuk membuatnya, obat tersebut ditemukan berdasarkan pada uji klinis yang dilakukan perusahaan farmasi sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Obat yang sudah diberi hak paten tak boleh dipasarkan perusahaan lain tanpa izin hak paten.

Di negara kita, hak paten obat berlaku selama 20 tahun. Bila masa paten sudah habis, masa paten ini tak bisa diperpanjang lagi, kemudian obat dapat diproduksi secara luas oleh perusahaan lain. Lantas, bagaimana dengan obat jenis generik? Mengapa memiliki harga yang lebih murah?

Sebenarnya, Apa Perbedaan Obat Generik dan Paten?

Obat Generik

Obat jenis generik merupakan obat yang sudah habis masa paten sehingga bisa diproduksi semua perusahaan farmasi tanpa membayar biaya royalti. Obat ini mempunyai tingkat efektivitas yang sama, namun mempunyai harga yang murah. Karena di banderol dengan harga murah, obat ini adalah obat yang terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah, kandungan zat aktif yang berada di dalam obat paten dan generik sama, sehingga Anda tak perlu ragu menggunakannya.

Obat generik memiliki harga yang murah karena perusahaan tak perlu mengeluarkan biaya untuk riset penemuan dan tak perlu mengeluarkan biaya untuk paten obat. Sekarang, hal yang menjadi masalah adalah banyaknya masyarakat yang bingung mengenai perbedaan generik bermerek dan generik berlogo. Generik berlogo adalah obat yang penamaannya sesuai dengan zat aktif yang dikandung seperti Amoksisilin, sedangkan generik bermerek disesuaikan dengan keinginan produsen farmasi. Contohnya perusahaan farmasi ZZ mengeluarkan Amoksisilin dengan merek ZZ Amoksisilin.

Perbedaan lainnya terdapat pada zat pelarut serta beberapa zat tambahan yang dimiliki jenis obat generik merek, zat yang sering ditambahkan adalah zat untuk mengurangi bau tak sedap dari obat. Sehingga tak heran bila generik bermerek mempunyai harga yang lebih mahal dari generik berlogo, namun tetap saja harganya lebih murah bila dibandingkan dengan obat paten.

Beda Obat Paten dan Generik

Perbedaan obat paten dan generik, salah satunya bisa terlihat dari kemasan. Generik berlogo memiliki kemasan sederhana serta diberi logo generik, untuk generik bermerek, kemasannya dibuat sesuai dengan keinginan produsen. Sedangkan untuk obat paten, pembuatannya sesuai dengan keinginan produsen.

Baca juga Tips Mengkonsumsi Obat Warung dengan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *