Sehat Tanpa Obat Bisa Diperoleh Jika Anda Rutin Konsumsi Makanan Ini!

By | July 21, 2018

Memakan makanan empat sehat lima sempurna merupakan salah satu cara untuk sehat tanpa obat. Dari makanan tersebut salah satunya adalah sayur. Sayur memiliki kandungan yang sangat lengkap yang diperlukan oleh tubuh. Misalnya vitamin A, B, B1, B2, C, K, E atau kandungan mineral lainnya misalnya zat besi atau kalsium. Bukan hanya sayur sayuran yang memiliki warna hijau yang baik dikonsumsi untuk kebaikan kesehatan tubuh, namun juga sayur buah misalnya tomat, mentimun, sayur ubi misalnya kentang dan sayur daun misalnya sawi, asparagus.

 Sehat Tanpa Obat Bisa Diperoleh Jika Anda Rutin Konsumsi Makanan Ini!

Sayur diperlukan untuk tubuh dikarenakan mempunyai banyak manfaat misalnya: 

  • Sayuran dapat mengurangi resiko dan mencegah penyakit kronis misalnya adalah penyakit kanker, jantung.
  • Sebagai anti aging atau penuaan.
  • Melindungi diri dari radikal bebas yang menimbulkan kerusakan pada sel tubuh.
  • Pembentukan sel merah.
  • Mempertahankan keremajaan kulit dan meningkatkan kekuatan pembuluh darah.
  • Melindungi sel mata karena dari ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan.

Sayuran diperlukan oleh tubuh untuk melengkapi kandungan yang tidak bisa diserap dari makanan lain misalnya untuk penyakit diabetes yang harus menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh. Orang yang sakit diabetes harus mengkonsumsi makanan yang rendah akan gula. Karena hal tersebut untuk mencegah agar Anda tidak menderita penyakit kencing manis, sehat tanpa obat bisa dilakukan sedini mungkin misalnya dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang manis-manis. 

Akan tetapi, jika terlanjur memiliki resiko yang tinggi menderita diabetes misalnya karena Anda kurang olahraga, maka ada makanan yang dapat dikonsumsi rutin oleh penderita diabetes. Diantaranya adalah: 

  • Labu pahit atau karela. Sayur yang orang jawa memanggilnya dengan nama pare ini dapat juga dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit kencing manis yang dapat berguna untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Yang harus diperhatikan adalah jangan mengkonsumsi bersamaan dengan obat penurun gula darah.
  • Brokoli yang kaya akan kronimun yang berfungsi mengatur insulin dan gula darah.
  • Wortel yang mengandung lutein dan sangat baik untuk fungsi mata.
  • Bayam dan sebaiknya dipilih bayam organik.
  • Sayuran yang salah dalam cara memasaknya dapat mengurangi kandungan yang ada di dalamnya.

 Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Karena ada banyak jenis sayuran, beberapa sayuran ada yang baik dikonsumsi secara mentah karena berguna untuk memperlambat penuaan, antioksidan, penurun berat badan, sebagai detoks. Jenis sayur yang dapat dikonsumsi secara mentah dan rutin diantaranya adalah mentimun yang kaya vitamin dan kandungan senyawa anti tumor, terong memiliki kandungan vitamin (B1, C, A), kacang panjang sebagai anti kanker, antibakteri, mencegah leukimia, antivirus, kemangi yang bersifat antikanker, menetralkan kolesterol dan radikal bebas. Jangan lupa, pastikan Anda mengolah sayuran tersebut dengan tepat untuk sehat tanpa obat agar manfaat seperti vitamin dan mineral yang terkandung bisa terserap sempurna oleh tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *