Serba-serbi Penyakit dan Obat Liver yang Harus Anda Ketahui

By | November 7, 2017

Penyakit hati selalu diidentikkan dengan putus cinta dan segala hal yang melukai perasaan. Namun ada juga penyakit hati yang memang menyerang organ hati manusia. Sebutannya adalah penyakit hati atau penyakit liver. Penyakit liver ini disebabkan berbagai macam faktor yang bisa merusak hati mulai dari virus hingga pemakaian alkohol. Obesitas juga terkadang bisa berhubungan dengan penyakit ini. Obat liver sendiri amat beragam mulai dari medis hingga herbal yang dipercaya manjur.

Perlu diketahui jika hati merupakan organ yang bekerja terkeras di tubuh manusia. Ukurannya seperti bola dan terletak di bawah tulang rusuk pada sisi kanan perut Anda. Adanya 2 bagian yaitu lobus kiri dan kanan. Fungsinya adalah untuk mencerna makanan, menghilangkan zat beracun dari tubuh hingga menyimpan energi. Penyakit hati ini banyak sekali menyerang orang-orang di era yang kian modern seperti saat ini. Penyebab sakit liver ini mulai dari infeksi, virus, kelainan sistem kekebalan tubuh, genetika hingga penyalahgunaan alkohol dan lemak yang terakumulasi.

Jangan berpikir jika penyakit liver ini hanya bisa diderita oleh orang tua saja melainkan semua orang pun bisa beresiko. Namun beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan penyakit liver ini diantaranya adalah penggunaan alkohol secara berat, tato atau tindik, terpapar darah hingga cairan tubuh dari orang lain, mereka yang obesitas, diabetes hingga yang trigliserida di dalam darahnya tinggi. Bahkan untuk yang kerapkali melakukan hubungan seksual tanpa kondom juga bisa terkena penyakit ini (kasus yang sering ganti pasangan).

Meski kini obat liver secara medis sudah tersedia, namun ada baiknya juga Anda tahu gejala penyakit ini mulai dari kulit dan mata menguning, nyeri pada perut hingga bengkak, kulit terasa gatal, warna urin gelap, warna feses berdarah atau pucat, bengkak di kaki, mual dan muntah hingga hilangnya selera makan. Jika Anda merasa bahwa Anda memiliki atau merasakan beberapa gejala tersebut, maka ada baiknya untuk bisa segera membuat janji dan menemui dokter agar bisa diketahui alasan dan dilakukan penanganan.

Pengobatan untuk penyakit ini tergantung dari sebab dan juga tingkat keparahannya. Pada mereka yang overdosis parasetamol, obat liver adalah dengan membalik efek parasetamol. Apabila penyebab adalah virus, maka obatnya adalah untuk mengobati infeksi hingga melakukan monitor hati. Jika memang sudah parah, maka banyak juga yang perlu dioperasi dengan melakukan transplantasi hati. Setelah Anda membaca sedikit informasi ini dan tahu apa saja penyebabnya, maka mulai sekarang ada baiknya menghindari segala penyebab penyakit liver ini mulai dari menghindari alkohol, menghindari seks bebas, menjaga kebersihan, pola makan dan gaya hidup sehat demi terjaganya tubuh dari segala bentuk penyakit berbahaya yang mungkin menjangkit.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *