Serba-serbi Tentang Penyakit Kanker Kulit yang Harus Anda Tahu

By | December 6, 2017

Kanker kulit merupakan kelainan yang terjadi di sel kulit. Kanker ini dikarenakan oleh mutasi di DNA sel yang membuat pertumbuhan sel menjadi lebih cepat. Usia sel menjadi panjang serta sel kehilangan sifat dasar. Kanker ini bisa terjadi di bagian kulit yang sering terkena sinar matahari, tetapi kondisi ini juga bisa terjadi pada bagian kulit yang tidak terpapar sinar matahari langsung. kanker memang umumnya terjadi di daerah yang terpapar sinar matahari seperti di tungkai, lengan, dada, telinga, wajah dan bibir. Namun tidak menutup kemungkinan jika kanker ini terjadi di telapak kaki bagian bawah serta bagian bawah jari.

Berdasarkan jenis sel yang mereka serang, kanker ini terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Melanoma. Ini adalah kanker yang terjadi di bagian melanosit atau sel yang menghasilkan pigmen kulit. Kanker melanoma adalah kanker yang jarang terjadi namun sangat berbahaya,
  • Kanker non melanoma. Ini adalah kanker yang terjadi di jaringan kulit selain melanosit. Kanker ini dibedakan menjadi 2 jenis yakni karsinoma sel basal serta karsinoma sel skuamosa.

Baca juga: Gejala Penyakit Kanker Payudara Serta Cara Mengatasinya

Kanker kulit melanoma bisa tumbuh di bagian kulit mana saja, entah di kulit normal atau pun di tahi lalat yang telah berubah menjadi ganas. Pada laki-laki, kanker ini biasanya muncul di badan dan wajah, sedangkan di perempuan muncul di tungkai bawah. Entah laki-laki atau pun perempuan, melanoma bisa muncul di bagian kulit yang tidak terpapar sinar matahari. melanoma bisa dialami siapa saja, tidak terpengaruh warna kulitnya. Pada orang yang memiliki kulit gelap, melanoma ini terjadi di telapak tangan, kaki, bawah jari tangan dan kaki.

Berikut beberapa faktor yang meningkatkan resiko seseorang memiliki kanker, antara lain:

  • Mempunyai kulit putih. Setiap orang, entah seperti apapun warna kulitnya bisa menderita kanker ini. tetapi, kulit putih mempunyai perlindungan sinar UV jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan seseorang yang memiliki kulit gelap. Kulit yang gelap mempunyai melanin yang lebih banyak,
  • Sering terkena sinar matahari. orang yang sering terkena sinar matahari memiliki resiko lebih besar mengalami kanker ini jika dibandingkan dengan mereka yang jarang terkena sinar matahari,
  • Memiliki banyak tahi lalat. Orang yang mempunyai banyak tahi lalat atau memiliki tahi lalat yang tidak normal memiliki resiko terkena kanker ini dibandingkan dengan mereka yang memiliki sedikit tahi lalat.

Untuk mendiagnosis kanker kulit dengan akurat, nantinya dokter akan melakukan langkah seperti pemeriksaan kulit secara fisik. Nantinya dokter akan memeriksa seperti apa bentuk kelainan kulit apalagi perubahan yang terjadi pada penampakan fisik, dengan adanya pemeriksaan ini, dokter bisa menentukan apakah perubahan yang terjadi dikarenakan oleh kanker atau penyakit yang lain. Selain itu pemeriksaan juga dilakukan dengan menggunakan biopsy di lab.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *