Simak Kiat Ini Supaya Memilih Obat Herbal yang Dijamin Aman

By | December 14, 2017

Dewasa ini penjualan obat herbal tengah naik daun sehingga tidak sulit menjumpai produk herbal tersebut di pasaran. Menariknya Anda yang ingin menikmati khasiat herbal atas keluhan kesehatan yang dialami tidak perlu repot meracikan sendiri. Sebab di pasaran herbal ini sudah diolah dan dikemas secara modern berbentuk kapsul maupun kaplet, sehingga tinggal minum saja. Obat-obatan herbal berbentuk modern ini bisa dijadikan pilihan di kala kesulitan meracik tanaman herbal sendiri namun tetap usahakan teliti dalam memilih.

Kiat Memilih Herbal Dalam Kemasan

Obat dalam kemasan meski diberi label herbal tidak menjamin 100% herbal alami, bisa jadi malah mengandung unsur kimia. Menghindarinya maka simak beberapa kiat berikut agar tidak salah pilih:

  • Obat sudah mendapatkan izin BPOM,

Herbal dalam kemasan tentu diproduksi oleh sebuah perusahaan dan untuk diedarkan ke publik butuh izin dari BPOM. Jika tidak maka bisa jadi mengandung bahan berbahaya tentu tidak akan dibeli apalagi dikonsumsi rutin. Maka periksa kemasannya, pastikan terdapat nomor registrasi dari BPOM dan pilih kemasan yang baik, tidak retak ataupun kemasannya sudah terbuka.

  • Mengecek komposisi bahannya,

Meski nama di dalam kemasannya adalah obat herbal tidak menjamin komposisi yang menyusunnya murni dari ramuan herbal. Cek betul komposisi yang tercantum di dalam kemasan obat satu ini sebelum dibeli. Guna memastikan terbuat dari herbal alami sekaligus tidak mengandung herbal berbahaya, sebab ada beberapa herbal yang justru kurang cocok dengan keluhan kesehatan yang dialami. Kalau Anda asal beli saja tanpa teliti dulu dijamin salah beli dan kondisi kesehatan Anda bukannya membaik malah sebaliknya.

  • Pilih herbal sesuai jenis penyakit yang dialami,

Obat jenis herbal yang ada di pasaran dan sudah dikemas secara modern biasanya akan memakai satu jenis herbal saja. Beberapa dicampur namun untuk tujuan lain, misal memperbaiki rasa atau aromanya sehingga lebih mudah dikonsumsi oleh yang membutuhkan. Ketika memilih obat jenis ini maka pilih yang sesuai dengan keluhan atau penyakit yang diderita, sebab beda herbal atau komposisi penyusunnya maka beda pula khasiatnya. Kalau salah obat tentu akan menimbulkan efek samping dan bisa jadi malah berbahaya.

  • Membeli di tempat terpercaya,

Ketika berencana membeli obat jenis herbal maka ada baiknya menuju ke apotek terdekat, mengapa harus ke apotek? Sebab apotek merupakan tujuan ideal membeli obat jenis apapun dan disini obat-obatnya dijamin aman. Kalau Anda membeli herbal di luar apotek ada kemungkinan belum sah diedarkan ke masyarakat sehingga tidak terjamin aman. Kecuali Anda membeli tanaman herbal lalu meraciknya sendiri di rumah, itupun kalau paham cara meraciknya seperti apa. Usahakan mencari produk obat herbal di tempat terpercaya supaya tidak membeli herbal berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *