Tak Perlu Khawatir dengan Kualitas yang Diberikan Obat Generik

By | May 7, 2018

Obat generik merupakan jenis obat yang hampir sama dengan obat bermerek, entah dari sisi fungsi atau pun formulanya. Kesamaan lainnya adalah kualitas, keamanan produk dan dosis. Walaupun mempunyai kesamaan, obat jenis ini dijual dengan harga yang terjangkau dibanding dengan obat bermerk. Faktor yang mempengaruhi rendahnya harga jual adalah tanpa merek.

Merek obat tersebut berasal dari perusahaan yang pertama mematenkannya. Dengan hak paten ini, perusahaan obat tersebut bisa menjadi satu-satunya perusahaan yang menjual obat dengan merek yang sudah mereka ciptakan. Lepasnya masa berlaku hak paten dilakukan untuk menghilangkan monopoli. Ada juga obat yang sengaja tak dipatenkan. Dengan tidak adanya merek, biaya yang dikeluarkan menjadi lebih di tekan.

Salah satu hal yang banyak menyedot dana ialah biaya iklan serta promosi. Oleh sebab itu, obat yang tak menggunakan iklan merupakan istilah yang sering disematkan pada obat generik. Tak hanya biaya iklan, penyedot dana yang besar lainnya adalah pengembangan dan penelitian obat. Hak paten yang sudah habis membuat perusahaan lain dapat memproduksinya tanpa melalui proses penelitian pengembangan dahulu.

Tak Perlu Khawatir dengan Kualitas yang Diberikan Obat Generik

Hal yang harus Anda Ketahui dari Obat Generik

Walaupun obat generik mempunyai kesamaan berbagai hal, ada fakta tentang jenis obat ini yang harus Anda tahu, antara lain:

  • Keamanan. Faktor keamanan obat jenis generik adalah hal yang paling disorot. Harga murah tak berarti melupakan faktor penting. Obat jenis ini wajib mempunyai tingkat keamanan yang sama dengan obat bermerek, bahkan obat ini juga mempunyai efek samping yang sama seperti obat paten.
  • Tingkat efektivitas. Obat generik mempunyai kekuatan, kualitas, dan stabilitas yang sama, bahkan tak ada perbedaan dalam segi penyerapan tubuh. Sedangkan efektivitas obat yang dikonsumsi dipengaruhi oleh kekuatan, kemurnian serta kualitas obat tersebut. Banyak yang menganggap obat jenis generik memiliki waktu penyerapan yang beda.
  • Kandungan. Kandungan di dalam jenis generik tidak seutuhnya sama dengan obat bermerek, namun obat ini wajib menduplikasi bahan yang ada di obat bermerek. Hal yang boleh berbeda adalah rasa, warna dan bahan yang tak aktif lainnya. Bahan aktif tentu sangat penting karena bahan ini yang memberi peran utama saat mengatasi penyakit.
  • Penggunaan mesin produksi. Karena memiliki harga yang terjangkau atau murah, obat jenis generik sering dianggap sebagai obat yang dibuat dengan mesin seadanya. Persepsi tersebut sangat keliru karena obat jenis ini menggunakan mesin yang berteknologi sama dengan obat bermerek.

Baca juga http://obatperawatan.com/

Ketika Anda diberi resep dokter, dokter biasanya akan bertanya terlebih dahulu, apakah akan menggunakan obat paten atau obat generik. Bila dokter lupa, tanyakan hal tersebut. Kehadiran obat jenis generik harus diakui sangat menguntungkan, pengobatan dengan menggunakan obat ini bisa memangkas biaya bahkan hingga 80%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *