Tanaman Yang Bisa Dijadikan Obat Diabetes

By | December 19, 2016

Diabetes atau yang biasa juga dikenal sebagai penyakit kencing manis termasuk salah satu penyakit yang harus diberi perhatian ekstra karena tingginya kematian yang disebabkan oleh penyakit ini. Diabetes selalu ditemui oleh segelintir orang yang sering mengonsumsi makanan siap jadi dan tidak bisa mengontrol makanan. Dan jika sudah divonis oleh dokter maka serangkaian tes dan perawatan harus dilakukan dan memakan dana yang tidak sedikit. Beberapa orang yang masi terkena stadium awal, kebanyakan mencari jalur alternatif yaitu dengan mengkonsumsi tanaman yang konon bisa menyembuhkan diabetes secara alami, hingga muncullah obat – obat herbal yang berasal dari tumbuh – tumbuhan dan menjadi obat diabetes. Namun tak jarang pula, mereka yang tak mempercayai obat dari dokter karena selain mahal dan mengandung bahan kimia, mereka akan mencarinya sendiri dan memakannya dan ada yang mengaku berhasil dengan turunnya gula darah serta turunnya kolesterol tersebut. Kira – kira apa sajakah tanaman berkhasiat tersebut? Mari simak di bawah ini.

  • Brotowali.

Batang Brotowali terkenal dapat menurunkan gula darah dalam sekejap alias 2 hingga 3 jam. Air dari ekstrak batang Brotowali akan terasa sangat pahit namun menyejukkan. Cukup dicuci dan dipotong batangnya lalu direbus bersamaan dengan daun kumis kucing secukupnya dan diminum airnya setelah makan.

  • Mengkudu

Mengkudu adalah salah satu buah yang terkenal dapat menurunkan darah tinggi sehingga cocok untuk pasien yang memiliki riwayat hipertensi. Namun, baru – baru ini ditemukan pula khasiat dari mengkudu yang dapat menurunkan gula darah. Mengkudu dapat memperbaiki sel – sel beta pankreas serta menjadi reseptor insulin yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Caranya, parut buah mengkudu yang sudah matang, campurkan sedikit air kapur dan aduk hingga rata kemudian peras dan minum airnya.

Baca juga: Obat Herbal Diabetes

  • Pare

Pare yang terkenal sebagai masakan dan lauk orang Indonesia ternyata bisa menjadi salah satu pengobatan alternatif pada Anda yang mengidap diabetes, lho. Kandungan zat dalam pare bersifat dingin dan kandungan Charatine serta polypeptide-P dalam pare bisa merangsang sel beta pankreas yang menghasilkan insulin secara normal. Caranya tinggal merebus pare atau bisa dijus saja lalu diminum.

  • Daun Teh Hijau

Tentu saja Anda yang  mengkonsumsi makanan di luar akan lebih sering memesan minuman es teh manis. Namun alangkah baiknya jika minuman Anda diganti dengan ocha atau teh hijau. Kandungan Polifenol dalam teh hijau dapat meningkatkan sensitifitas sel  pada insulin. Jadi, diteliti oleh Hiroshi Tsuneki bahwa teh bisa menetralkan kadar gula yang cukup tinggi. Teh hijau bsia ditemukan dimana saja karena sekarang ini orang pada umumnya sudah pintar dengan membawa beberapa kantong teh dan meminta pelayan menyeduhkannya saat makan.

Buat Anda yang ingin mencoba, silakan saja karena tanaman – tanaman di atas sudah diuji klinik dan bahkan banyak obat herbal yang terbuat dari tanaman di atas. Semoga tanaman ini bisa menjadi obat diabetes yang ampuh dan bisa menetralkan kadar gula Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *