Teknologi Medis Canggih di Dunia

By | August 10, 2017

Seiring kemajuan zaman, teknologi memang terus berkembang di segala bidang, salah satunya adalah teknologi medis atau teknologi di bidang kesehatan yang tentunya diperuntukkan bagi kesejahteraan umat manusia.

Memang tak bisa dihindari jika teknologi medis memberikan andil besar terhada pelayanan kesehatan untuk masyarakat dunia, termasuk juga masyarakat Indonesia. Kemajuan teknologi di dunia kesehatan memang menjadi salah satu faktor yang meningkatkan kualitas layanan terhadap pasien. Dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Pendeteksi Tekanan Darah

Alat ini memang memiliki fungsi yang sama dengan alat pendeteksi darah yang biasa digunakan dalam dunia kesehatan. Parameter yang ada pada hemodinamik ada di dalam monitor.

  1. Bedah Tulang dengan GPS

Alat ini berfungsi untuk membantu dokter ketika dilakukan pembedahan tulang yang dibuat dari teknologi GPS. Teknologi ini diberi nama CAS (Computer Assisted Surgery) yang berfungsi memberikan navigasi atau petunjuk arah pada ahli bedah sehingga ahli bedah sistem tulang yang ada dalam tubuh manusia.

  1. Robot Pemeriksa Badan Pasien

Siapa yang tak kenal dengan robot? Dari anak-anak sampai dewasa semua tahu dengan robot. Akan tetapi robot kali ini berbeda dengan yang lainnya karena robot satu ini digunakan untuk memeriksa pasien menggunakan stetoskop layaknya seorang dokter. Robot ini juga dibuat agar bisa memeriksa semua bagian dari tubuh pasien.

  1. Alat Sunat Elektrik

Bagi anak laki-laki yang sudah mulai menginjak remaja biasanya akan menjalani fase berupa sunat. Anak yang ingin disunat biasanya merasa takut karena sudah membayangkan rasa sakit. Oleh sebab itu, diciptakan sebuah teknologi laser yang berguna untuk menyunat atau mengkhitan tanpa rasa sakit, sehingga pendarahan pun bisa dicegah dan luka bekas sunat bisa sembuh lebih cepat.

  1. Alat Penghancur Jarum Suntik

Sebagaimana namanya, fungsi dari alat ini adalah untuk menghancurkan jarum suntik yang sudah tidak digunakan lagi. Penghancuran jarum suntik ini adalah untuk mengurangi resiko yang disebabkan sebagai penyebab penularan seperti Hepatitis B, HIV Aids, dan lain sebagainya. Alat ini juga bisa dijadikan sebagai alat proteksi untuk kesehatan bagi mereka yang sering berinteraksi dengan penderita.

Teknologi medis memang memiliki peranan yang penting, masih ada banyak alat kesehatan lain yang lebih canggih. Rumah Sakit dan para dokter serta perawat berlomba-lomba untuk memberikan kualitas dan pelayanan kesehatan terbaik. Seiring dengan adanya pesatnya arus informasi seolah-olah ada standar dalam dunia kesehatan yang harus dipenuhi. Hal ini tentunya bisa membuat para dokters serta para perawat agar bekerja lebih baik lagi sehingga akan banyak nyawa pasien  bisa diselamatkan serta banyak penyakit yang bisa disembuhkan. Karena kesehatan dan pulihnya pasien, merupakan salah satu kebahagiaan bagi pada Dokter dan Perawat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *