Teknologi Medis yang Benar-benar Ada di Dunia Nyata

By | July 17, 2017

Perkembangan teknologi medis memang semakin pesat, banyak alat-alat medis baru yang bermunculan dengan kemampuan teknologi super canggih yang bisa membantu manusia, khususnya dalam pengobatan penyakit. Berikut ini adalah teknologi dalam dunia kedokteran yang benar-benar ada di dunia nyata dan dapat membantu kehidupan manusia:

Baca juga: Penemuan Teknologi Medis Terbaru

  1. Tangan Prostetik yang Dapat Bergerak dan Merasakan

Salah satu kemajuan di dunia robotika ialah penggabungan komponen robot ke tubuh manusia sehingga diharapkan manusia yang memiliki tubuh cacat bisa dibantu alat-alat robotik yang ditransplantasikan ke tubuhnya, sehingga dengan alat tersebut, manusia bisa bergerak dan melakukan aktivitas sebagaimana biasanya. Teknologi medis ini dikembangkan oleh seorang ilmuwan yang ada di perusahaan DEKA. Mereka mengembangkan alat yang bisa bergerak sesuai dengan sesnsor otot dan saraf. Sehingga ketika ingin menggerakkan benda, maka alat dengan nama myoelectric akan meresponnya secara otomatis. Saat ini, para ilmuwan tengah mengembangkan teknologi ini supata alat robotik ini dapat digunakan sebaragi alat perantara untuk menerima rangsangan dari luat, misalnya ketika tangan palsu terkena panas, maka tubuh juga akan bisa merasakan panas itu meski bukan melalui tangan asli.

  1. Lensa Kontak yang Bisa Memonitor Gula Darah

Untuk mengecek kadar gula dalam darah biasanya menggunakan alat pengetes gula darah. Apabila penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi, maka mereka membutuhkan suntikan insulin supaya kadar gula darah bisa turun dengan cepat. Namun, seringkali orang malas untuk mengecek kadar gula darah karena menggunakan jarum yang membuat nyeri di ujung jari. Oleh sebab itu, sebuah perusahaan dengan nama Novatris menciptakan lensa kontak yang bisa memonitor kadar gula lewat air mata. Penelitian ini juga menjalin kerjasama dengan Google yang juga raksasa nternet dunia. Kemungkinan besar lensa kontak ini akan dipasarkan secara luas pada tahun 2020.

  1. Mesin Pencetak Tulang 3D

Ketika kecelakaan seseorang bisa mengalami remuk tulang atau patah tulang. Hal ini bisa menyebabkan korban menjadi tertekan dan kesakitan, dan tak jarang membuat semangat hidup korban menurun karena bisa jadi remuk tulang itu menyebabkan cacat permanen, sehingga satu-satunya jalan adalah dengan cara memasang alat penyambung di dalam tulang. Oleh sebab itu, seorang ilmuwan di Inggris membuat alat yang bisa membuat tulang dengan cetakan serta desain yang sempurna. Mesin ini mengerjakan cetakan sebagaimana mesin printer. Dengan cetakan ini, dokter akan membuat tulang buatan dan akan menempelinya dengan daging serta hormon pertumbuhan, dengan begitu tulang manusia yang patah dapat diganti tanpa harus memasukkan unsur berbahaya di dalamnya. Mesin ini dapat membat cetakan tulang dari tulang kaki hingga tulang panggul.

Itulah teknologi medis yang menjadi kabar gembira di dunia kedokteran sehingga bisa menjadi terobosan baru dalam penyembuhan kondisi pasien.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *