Teknologi Medis yang Diperkirakan Populer di Tahun 2017

By | September 11, 2017

Teknologi medis saat ini sudah berkembang dengan cukup pesat seiring dengan perkembangan waktu. Dengan semakin berkembangnya teknologi dalam dunia medis, diharapkan agar semakin banyak nyawa yang bisa diselamatkan dari berbagai kemungkinan penyakit. Namun perkembangan teknologi dalam dunia kesehatan ini ternyata seolah sudah tak terbatas sehingga muncul banyak penelitian yang membuat dunia terpukau karenanya. 

Perkembangan teknologi ternyata juga merasuk ke dunia kesehatan demi membantu umat manusia mengatasi penyakit yang dideritanya. Berikut ini beberapa isu teknologi di dunia medis di tahun 2017 yang akan populer:

Baca juga: Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Teknologi Medis Terbaru

  • Era perawatan diabetes terbaru

Pada tahun 2016 yang lalu, US FDA telah melegalkan adanya pemakaian untuk pankreas buatan dan menjadi yang pertama di dunia. Pankreas ini berfungsi agar bisa mengontrol kadar gula darah disertai dengan memompa insulin untuk tubuh dengan otomatis. Dengan adanya alat ini, maka pasien diabetes akan lebih mudah dalam menjalani hidupnya. Selain itu ada juga kontak lensa buatan digital yang berfungsi untuk dapat mendeteksi kadar glukosa lewat air mata.

  • Precision medicine

Teknologi medis terbaru selanjutnya adalah precision medicine dimana merupakan pendekatan dalam pengobatan penyakit dan tetap memperhatikan faktor lingkungannya, gaya hidup hingga gen tiap individu pasien. Dalam bidang kanker atau onkologi, precision medicine ini akan memberikan informasi spesifik dengan tes DNA. Dengan adanya teknologi ini, maka kanker akan dapat terdeteksi lebih awal.

  • Mobil dan truk tanpa pengemudi yang dibekali sensor kesehatan

Pada tahun 2017 direncanakan adanya mobil yang otomatis dimana tidak memerlukan supir. Selain itu, yang lebih super lagi, mobil ini bahkan akan dibekali dengan sensor kesehatan yang otomatis sehingga bisa melakukan monitor pada kondisi penumpangnya. Dengan adanya mobil ini, maka kondisi kesehatan manusia bisa langsung termonitor.

  • Layanan baru di nutrigemonik

Studi baru menggabungkan antara ilmu genetik dan juga ilmu nutrisi disebut nutrigemonik. Dalam bidang studi ini, genom ataupun susunan kromosom mampu memberikan informasi yang penting terkait kebutuhan akan nutrisi dari organisme yang ada. Dengan adanya teknologi ini, maka diharapkan nantinya bisa mengidentifikasi untuk menu makan yang sehat dan bisa menyediakan jasa pesan dan kirim makanan tersebut. 

Itulah beberapa teknologi medis terbaru yang digadang akan menjadi populer di tahun 2017. Meski begitu hingga kini banyak sumber yang menyebut jika penelitian tentang teknologi tersebut belum sepenuhnya rampung sehingga masih diperlukan adanya pengembangan dan penelitian lanjutan. Nantinya jika memang sudah resmi diluncurkan, maka publik pun akan diinformasikan. Dengan semakin berkembang pesatnya teknologi dalam dunia kesehatan, maka diharapkan umat manusia akan terbantu dalam hal proses penyembuhan segala jenis penyakit apapun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *