Tiga Macam Gejala Penyakit Liver Menurut Kedokteran yang Perlu Anda Waspadai

By | March 8, 2018

Penyakit liver merupakan setiap gangguan yang terjadi pada fungsi hati sehingga menyebabkan penyakit bagi tubuh. Hati berperan penting dalam melakukan berbagai fungsi seperti metabolisme kolesterol, lemak, zat besi dan glukosa. Hati juga berfungsi dalam pembekuan darah dan produksi protein. Bila terjadi salah satu fungsinya terganggu maka akan berakibat fatal bagi tubuh. Gejala umum bila terkena penyakit ini adalah mual, muntah, mudah lelah, berat badan yang menurun tanpa alasan jelas, sakit kuning dan sakit perut khususnya bagian kanan atas.

Tiga Macam Gejala Penyakit Liver Menurut Kedokteran yang Perlu Anda Waspadai

Perlu diketahui bahwa sebelum mengalami penyakit liver stadium akhir serta gagal hati, terdapat gejala penyakit berikut ini:

  1. Batu empedu. Penyakit ini diakibatkan karena terdapat benda yang berbentuk seperti batu kecil pada kantung empedu. Kantung empedu sendiri merupakan kantung yang mengandung cairan yang diproduksi oleh hati dan disebut cairan empedu. Cairan ini berfungsi untuk mencerna dan memecahkan lemak. Ciri-ciri orang yang mengalami penyakit ini adalah sakit perut pada bagian kanan atas. Selain itu ia juga muntah ketika mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak seperti makanan berminyak. Ia juga bisa mengalami demam ketika kantung empedu terinfeksi.
  2. Gilbert. Ini merupakan sindrom dimana terdapat gangguan ringan pada hati. Hati tidak bisa memproses zat bilirubin dengan baik. Zat ini merupakan zat yang diproduksi dari sel darah merah yang telah rusak. Sindrom ini adalah penyakit bawaan sehingga sulit terdeteksi sejak dini karena tidak memiliki gejala. Penyakit ini bisa diketahui bila melakukan tes darah yang mengindikasikan bahwa kadar bilirubin darah ada peningkatan.
  3. Sirosis. Penyakit satu ini bisa disebabkan oleh hepatitis. Hati tidak mampu membantu mengatur limbah dalam tubuh, gagal memproduksi protein, tidak bisa membekukan darah dengan baik dan fungsi otak yang terganggu.

Untuk mendeteksi keberadaan penyakit sirosis, dapat dikenali melalui gejala-gejalanya, yaitu:

  • Gatal-gatal pada kulit yang disebabkan adanya deposit garam pada empedu yang berada di kulit.
  • Mudah memar dikarenakan fungsi pembekuan darah yang terganggu
  • Perut buncit yang diakibatkan oleh penumpukan cairan di rongga perut. Penumpukan cairan tersebut terjadi akibat produksi protein dalam darah menurun.
  • Muntah darah
  • Otot mengecil
  • Mudah lelah dan lesu
  • Pembesaran payudara yang terjadi pada pria
  • Impotensi

 

Baca Juga 5 Langkah Mudah Mencegah Penyakit Liver yang Bisa Diterapkan Sedini Mungkin

Gejala penyakit liver yang menyerang, terjadi dengan bertahap. Oleh karenanya ketika masih dalam tahap awal, penyakit tersebut tidak disadari sehingga tidak akan mengetahui bahwa seseorang telah mengidap salah satu gejalanya. Dengan demikian sejak dini harus rutin melakukan cek kesehatan sehingga akan terdeteksi apakah mengalami gejala penyakit ini atau tidak agar tidak menyesal di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *