Tips Kecantikan Wajah Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

By | May 12, 2017

Jenis kulit berminyak sangat mudah berjerawat dan berkomedo. Hal ini disebabkan karena kandungan minyak di wajah terlalu berlebih akibatnya kulit menjadi mudah kusam dan mudah berjerawat karena debu dan kotoran bisa dengan mudah menempel. Agar tidak mudah terkena jerawat, simak tips kecantikan untuk kulit berminyak berikut ini.

Banyak yang beranggapan jika memiliki kulit berminyak sebaiknya tidak menggunakan pelembab. Padahal pelembab tetap dibutuhkan oleh kulit berminyak agar kebutuhan air terpenuhi. Namun yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis pelembabnya. Tidak semua pelembab bisa digunakan oleh kulit berminyak. Langsung saja simak ulasan tips kecantikan, namun sebelumnya ikuti penjelasan singkat mengenai jenis kulit berminyak berikut ini.

Baca juga: Tips Kecantikan, Membuat Wajah Lebih Cerah dan Alami!

Jenis Kulit Berminyak

Yang paling sering mengalami masalah kulit berminyak adalah para remaja. Adapun ciri-ciri kulit berminyak adalah sebagai berikut:

  • Pori-pori kulit membesar.
  • Kulit terlihat mengkilat, kusam dan tebal.
  • Tedapat bintik-bintik atau noda lain.

Selain hormone, kulit berminyak bisa disebabkan karena faktor lain seperti: stress, antibtik, panas matahari atau terlalu lembab. Karena memiliki kandungan minyak yang berlebih, kulit berminyak lebih mudah terkena jerawat dan komedo dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Namun jangan khawatir masalah tersebut dapat dicegah, salah satunya dengan menggunakan pelembab yang tepat.

Tips Memilih Pelembab Untuk Kulit Berjerawat

  • Gunakan Pelembab Berbahan Dasar Air

Berbeda dengan jenis kulit kering lebih disarankan menggunakan bahan pelembab yang berbahan dasar minyak. Sedangkan untuk jenis kulit berminyak disarankan menggunakan pelembab yang berbahan dasar air. Kandungan tersebut memberikan asupan air yang membuat kulit tetap terjaga dengan baik. Apabila kulit berminyak menggunakan pelembab bahan dasar minyak justru malah membuat kulit semakin mengkilap dan berminyak, alhasil jerawat bisa dengan mudah muncul di kulit wajah.

  • Gunakan Pelembab Dengan Formula Khusus

Tips untuk kulit berminyak selanjutnya adalah menggunakan pelembab dengan formula khusus. Pilih pelembab yang mengandung benzoyl peroxide, kandungannya berfungsi membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat akibat produksi minyak terlalu banyak.

  • Gunakan Pelembab Non Comedogenic

Tips berikutnya adalah menggunakan pelembab non-comedogenic. Fungsinya untuk menutupi pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat dan komedo. Selain itu, sebaiknya gunakan pelembab khusus bebas minyak agar pori-pori kulit tidak tersumbat. Jika pori-pori tersumbat bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

  • Gunakan Pelembab Bentuk Lotion

Perawatan kulit berminyak berikutnya adalah menggunakan pelembab yang berbentuk lotion. Hindari menggunakan pelembab yang berbentuk cream karena dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya komedo dan jerawat.

Demikian tips kecantikan memilih pelembab untuk jenis kulit berminyak agar terhindar dari jerawat dan komedo. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *