Tips Memilih Cream Wajah yang Aman

By | February 9, 2017

Merawat kecantikan merupakan keharusan bagi setiap wanita. Dengan tampil cantik, kepercayaan diri para wanita akan bertambah sehingga juga akan mempengaruhi moodnya. Banyak cara yang ditempuh oleh para wanita agar dapat tampil cantik, mulai dari cara yang alami hingga melakukan operasi kecantikan. Salah satu cara murah untuk merawat kecantikan adalah dengan menggunakan cream pemutih wajah. Dengan memakai cream pemutih, wajah akan lebih cerah dan menjadi lebih putih. Namun sayangnya tidak semua cream pemutih berkhasiat ampuh untuk memutihkan wajah. Alih-alih mencerahkan wajah, banyak sekali cream yang justru memiliki efek samping dan membuat kulit wajah menjadi alergi dan timbul bercak kemerahan. Banyaknya cream yang dijual bebas di pasaran membuat para wanita sulit membedakan antara cream yang aman dan berkhasiat dengan kream yang berbahaya. Agar cream pemutih wajah yang digunakan dapat memberikan dampak yang baik bagi wajah, berikut ini adalah beberapa tips memilih cream wajah yang aman.

Memiliki Label Izin BPOM

Langkah paling mudah untuk membedakan cream wajah yang aman dengan yang berbahaya adalah dengan cara melihat kemasan cream tersebut. Jika pada kemasan atau wadah cream terdapat label BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), maka cream wajah tersebut aman digunakan. BPOM tentu akan menguji setiap produk obat dan makanan yang didaftarkan sebelum memberikan izin edar, sehingga cream yang lulus ujia BPOM berarti tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kulit dan wajah. Hindari membeli cream yang tidak ebrlabel BPOM.

Melihat Bahan atau Komposisi Cream

Selain label, hal lain yang harus diperhatikan dari kemasan cream adalah komposisinya. Lihatlah daftar komposisi bahan cream tersebut. Jangan memilih atau memakai cream dengan komposisi yang tidak aman bagi kulit, misalnya bahan merkuri, hydrocinon, bahan pemutih, atau campuran bahan kimia lainnya.

Memilih Cream Berbahan Herbal

Disarankan, gunakanlah cream dengan komposisi yang alami menggunakan bahan herbal, misalnya bengkoang, alpukat, temu lawak, mentimun, lemon, dan berbagai bahan herbal lainnya yang aman bagi kulit. Mengenakan cream berbahan herbal cenderung tidak memiliki efek samping pada kulit wajah.

Memperhatikan Tekstur dan Tampilan Cream

Selain memperhatikan kemasan dan komposisinya, tekstur cream juga bisa dijadikan patokan untuk mengetahui apakah cream tersebut aman atau tidak. Hindarilah cream denagn tekstur yang lentur, sebab cream yang teksturnya lentur biasanya komposisinya tidak sempurna. Hindari pula cream yang ketika dioleskan di kulit akan terasa lengket, sebab akan menyebabkan iritasi kulit. Hindari pula cream dengan warna yang terlalu mengkilap dan memiliki bau yang sangat tajam dan menyengat.

Perhatikan efek setelah pemakaian cream. Misalnya jika kulit wajah terasa gatal, atau tampak kemerahan ketika terkena sinar matahari, sebaiknya hentikan pemakaian cream wajah tersebut. Bisa jadi gatal atau efek kemerahan tersebut bukan ditimbulkan oleh komposisi cream, melainkan karena kulit wajah si pemakainya tidak cocok dengan cream tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *