Tips Memilih Produk Herbal yang Aman dan Ampuh

By | March 1, 2017

Pengobatan herbal merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh kebanyakan orang untuk mengobati penyakit yang tidak sembuh oleh pertolongan medis dan bantuan dokter. Seringkali, penanganan medis dan obat-obatan dari dokter hanya ampuh dalam kurun waktu tertentu, dan bisa kumat lagi jika konsumsi obat-obatan tersebut dihentikan. Bukan hanya karena ampuh sesaat, mengobati penyakit secara medis sering dihindari oleh masyarakat sebab masyarakat memiliki persepsi bahwa berobat ke dokter akan membutuhkan beaya yang tidak sedikit atau cukup mahal. Maka pengobatan herbal yang relatif murah dan terjangkau menjadi pilihan paling memungkinan untuk menyembuhkan atau mengobati penyakit yang diderita tersebut. Saat ini, klinik pengobatan herbal semakin marak ditemukan. Semakin banyaknya berbagai pelatihan untuk membuat obat-obatan herbal membuat banyak orang memiliki sertifikat untuk memproduksi obat-obatan herbal dalam skala kecil. Namun sayangnya, tidak semua obat herbal aman dan ampuh. Berikut ini akan dibahas beberapa tips memilih produk herbal yang aman dan ampuh.

Memilih Obat Herbal Berizin

Langkah pertama untuk memilih produk herbal yang aman adalah dengan melihat kemasannya. Jika dalam kemasan tersebut terdapat label izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan memiliki nomor kode seri produksi, maka produk tersebut berarti layak konsumsi dan layak edar. Badan yang lulus uji BPOM berarti obat herbal tersebut tidak mengandung bahan yang berbahaya sebab keamanannya dapat dipertanggungjawabkan.

Menyesuaikan Khasiat Obat dengan Penyakit yang Diderita

Tidak semua obat herbal cocok digunakan untuk menanggulangi berbagai penyakit. Beberapa bahan dasar ramuan tertentu hanya berkhasiat untuk penyakit tertentu, dan tidak ampuh untuk mengobati penyakit lain. Gunakankah obat herbal sesuai dengan penyakitnya. Lihatlah khasiat yang tertera pada kemasan obat herbal tersebut. Jika jenis penyakit yang diderita sesuai denagn khasiat yang ditawarkan obat herbal tersebut, maka obat herbal itu layak dikonsumsi.

Baca juga: Mengenal Asal Usul Literatur Obat Herbal Sebagai Penyembuhan

Membeli di Agen Resmi

Jangan membeli obat herbal di toko-toko atau lapak pinggir jalan yang tidak jelas izinnya, sebab dikhawatirkan toko atau lapak tersebut menjual produk palsu. Belilah obat herbal di agen resmi yang ditunjuk produsennya. Paling aman, belilah obat herbal di apotek terdekat. Biasakan untuk membeli obat herbal di tempat-tempat yang direkomendasikan, sebab semua obat yang dijual di apotek atau agen resmi umumnya melalui proses seleksi yang ketat. Obat yang kadaluawarsa atau obat palsu tidak akan dijual di apotek.

Memperhatikan Efek Samping

Setiap obat memiliki efek samping ketika dikonsumsi, termasuk juga produk herbal. Perhatikan efek samping yang akan timbul ketika mengkonsumsi obat tersebut. Jangan sampai satu penyakit sembuh namun justru memunculkan penyakit yang lain. Selain memperhatikan efek samping, telitilah tampilan obat herbal tersebut secara keseluruhan, terutama komposisi dan aturan pakainya. Jangan mengkonsumsi ibat herbal melebihi dosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *