Tips Mencegah Penyakit Diare yang Menyerang Bayi

By | November 21, 2017

Bayi memang diketahui masih mempunyai sistem imun yang sangat rentan terkena berbagai penyakit. Misalnya saja penyakit alergi yang banyak diderita bayi dan akan berlangsung menghilang apabila ia sudah tumbuh besar sehingga sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat. Selain penyakit alergi, bayi juga mudah terkena penyakit yang lainnya yaitu diare. Penyakit diare ini tentu saja akan berbahaya apabila diderita bayi karena mempunyai banyak sekali resikonya dari dehidrasi bahkan hingga kematian apabila tidak tepat ditangani. Oleh karena itulah apabila mengalami diare, bayi tersebut harus segera di periksakan kepada dokter ahli agar diare dapat sembuh dengan cepat.

Atau akan lebih baik lagi apabila mempunyai bayi, orangtua harus berusaha mencegah berbagai penyakit agar tidak mudah menyerang anak. Seperti dengan memberikannya ASI sehingga bisa membuat kekebalan tubuhnya meningkat. Atau orangtua juga bisa untuk meningkatkan kekebalannya dengan memberikannya minuman dan makanan yang bergizi seperti dari sayur, ikan, buah, dan bahan makanan sehat lainnya. Untuk masalah penyakit jenis diare sendiri, orangtua juga bisa untuk menggunakan beberapa langkah pencegahan yang bisa digunakan. Sehingga bayi akan terhindar dari penyakit tersebut dan lebih sehat seperti dengan beberapa cara berikut ini.

  • Menggunakan peralatan makan yang steril

Tips pertama untuk dapat mencegah penyakit diare agar tidak menyerang bayi adalah dengan menggunakan peralatan yang aman. Seperti misalnya dengan menggunakan peralatan makanan dan minuman yang bersih. Dimana peralatan tersebut adalah pintu masuk kuman yang akan dapat menyebabkan bayi mengalami diare. Oleh karena itulah pastikan bayi untuk menggunakan peralatan yang dicuci dengan rutin dan menggunakan cairan antibakteri. Sehingga nantinya dapat untuk membuat bayi tetap sehat dan terhindari dari penyakit ini.

  • Membersihkan rumah

Dan tips selanjutnya adalah dengan membersihkan lingkungan di rumah. Lingkungan bayi tersebut baik di ruangan rumah dan juga kamar tidurnya dan semua peralatannya harus steril dari kuman yang menyebabkan bakteri. Oleh karena itulah sebagai orangtua harus aware dengan hal tersebut dan membersihkan rumah dengan rutin. Seperti dengan menyapu, mengepel, dan juga membersihkan debu yang ada dalam rumah. Sehingga tidak membuatnya alergi dan juga dapat menyebabkan bayi mengalami diare apabila ada di lingkungannya yang tidak bersih dan banyak kuman.

  • Tidak membiarkan anak disentuh sembarangan

Dan cara terakhir untuk dapat mencegah penyakit diare pada bayi dan anak adalah dengan anak tidak boleh menyentuh barang sembarangan ataupun tidak boleh disentuh sembarangan. Biasanya bayi dan anak kecil pada umumnya akan mengundang perhatian karena menggemaskan. Tetapi akan lebih baik apabila orangtua tidak asal membiarkan bayinya untuk disentuh orang secara sembarangan agar tidak terkena penyakit salah satunya adalah diare.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *