Tips Mengatasi Pendarahan dengan Tepat

By | October 6, 2018

Pendarahan adalah suatu keadaan dimana keluarnya darah dari dari pembuluh dan biasanya terjadi pada bagian tubuh. Jika hal ini terjadi maka sebisa mungkin lakukan usaha agar darah bisa berhenti mengalir. Terjadinya pendarahan memang bukanlah hal yang cukup berat untuk diatasi, namun memang ada beberapa kejadian yang membutuhkan penanganan khusus.

Hal tersebut dikarenakan pendarahan yang tidak segera ditangani dan terjadi pada orang-orang ‘khusus’ maka tentu akan membuat shock. Selain itu bisa juga menyebabkan terjadinya gangguan terhadap peredaran darah. Ini juga tidak memungkiri akan terjadinya gangguan kesehatan yang lebih parah seperti kerusakan jaringan dan juga organ tubuh.

Tips Mengatasi Pendarahan dengan Tepat

Berikut ini akan kami berikan beberapa tips yang tepat dalam mengatasi terjadinya pendarahan :

  • Hentikan Pendarahan

Untuk menghentikan pendarahan maka bisa dengan membilas luka menggunakan air mengalir. Selain untuk membersihkan ternyata air juga efektif untuk bisa mempersempit pembuluh darah, dan hal ini sangat efektif menghentikan pendarahan.

Air yang bisa digunakan adalah air dingin maupun air panas, dengan air panas maka luka akan dikauterisasi kemudian darah akan menggumpal. Namun ingat jangan menggunakannya secara bersamaan, pilihlah salah satu saja agar lebih efektif. Jika tidak ada air maka kalian juga bisa menggunakan es batu karena ia juga mamu untuk menutup arteri sehingga darah akan berhenti mengalir.

  • Gunakan Cuka

Cuka memiliki khasiat astringen sehingga bisa berfungsi untuk membantu membersihkan luka dan membuat darah menjadi lebih cepat menggumpal. Untuk mengoleskannya maka kalian bisa menggunakan kapas kemudian tuangkan sedikit cuka ke atasnya. Setelah itu usapkan secara perlahan pada area luka lalu tunggulah sampai aliran darah berhenti.

  • Pakai Tepung maizena

Siapa sangka bahwa bahan masakan ini bisa digunakan untuk pertolongan pertama ketika terjadi pendarahan. Caranya adalah taburkan sedikit pada area yang terluka tetapi jangan menggosoknya ya karen hal itu justru akan menambahkan goresan. Agar proses pengehentian darah lebih cepat efektif maka cukup dengan menekan-nekan saja. Setelah darah berhenti mengalir maka tinggal membersihkan tangan dengan air untuk menghilangkan tepung maizena.

  • Gunakan Gula

Bumbu masakan selanjutnya yang juga memiliki fungsi lain adalah gula, ia memiliki sifat antiseptik yang cukup baik. Sifat tersebut dipercaya mampu untuk membantu dalam membersihkan luka dan juga bisa mempercepat darah membeku. Kalian hanya perlu menuangkan gula secukupnya pada permukaan kulit yang terluka.

Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk membantu menghentikan terjadinya pendarahan. Ya, tips-tips tadi hanya cocok untuk diterapkan pada luka yang cukup ringan seperti karena tergores atau terjatuh. Jika kalian mengalami luka yang cukup serius tentu harus menerapkan penanganan yang berbeda sesuai dengan kondisi pada saat terjadi luka. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *