Tips Mengatasi Rambut Rontok untuk Ibu Menyusui

By | May 22, 2018

Seorang ibu merupakan gelar yang disematkan untuk ibu yang telah mempunyai anak atau keturunan. Dimana ketika menjadi ibu maka tugas yang dipunyai juga akan bertambah seperti bisa memilih untuk menyusui anaknya. Program memberikan ASI eksklusif kepada bayi itu dilakukan selama 6 bulan dan kemudian dilanjutkan dengan menyusui anak hingga usia 2 tahun dengan didampingi beberapa makanan sehat untuk bayi. Proses menyusui tersebut terbukti akan sangat berpengaruh tidak hanya untuk kesehatan dalam perkembangan dan tumbuh kembang anak tetapi juga untuk masalah mentalnya. Oleh karena itulah ibu disarankan untuk menyusui anaknya walaupun sibuk. Akan tetapi ketika menyusui anak ibu akan mengalami beberapa hal, misalnya saja mengalami rambut rontok karena perubahan hormon yang terjadi. Untuk mencegah rambut yang rontok pada ibu menyusui tersebut ada beberapa cara yang bisa digunakan, seperti berikut ini:

Tips Mengatasi Rambut Rontok untuk Ibu Menyusui

  • Menghentikan penggunaan catok dan hair dryer

Tips pertama untuk menghentikan kerontokan rambut pada ibu yang menyusui adalah dengan menggunakan alat-alat elektronik seperti hair dryer dan juga catokan. Hal tersebut karena alat tersebut akan mengeluarkan suhu panas yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering. Oleh karena itulah apabila digunakan secara terus-menerus maka bisa menyebabkan rambut kering dan mudah rontok. Dengan begitu akan sebaiknya untuk melakukan pengeringan secara alami agar rambut tidak mudah rontok ketika menyusui.

  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Tips mudah selanjutnya agar dapat untuk mengatasi rambut rontok untuk ibu menyusui adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Pilihlah makanan yang tidak hanya enak tetapi juga menyediakan gizi yang tinggi agar tetap sehat. Karena hal tersebut juga akan berpengaruh pada pertumbuhan rambut agar tidak mudah rontok. Sehingga akan lebih baik untuk memilih makanan dengan gizi yang tinggi seperti telur, sayuran hijau, ubi, dan juga bahan ikan.

  • Mengkonsumsi vitamin

Tips mudah selanjutnya yang bisa untuk mencegah rambut yang rontok ketika menyusui adalah dengan mengkonsumsi vitamin. Konsumsilah vitamin atau suplemen yang dapat untuk memberikan asupan agar gizi yang diterima tubuh lebih seimbang. Sehingga hal tersebut akan dapat untuk mengatasi masalah rambut yang sering rontok karena hormon yang berubah. Misalnya saja konsumsi vitamin A, C, D, dan juga E yang membantu untuk menjaga kesehatan rambut.

Baca juga Tips Mengkonsumsi Obat Tradisional Herbal dengan Aman

  • Memakai vitamin rambut

Dan tips mudah terakhir yang bisa dilakukan oleh ibu menyusui untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah dengan memakai vitamin rambut. Selain mengkonsumsi vitamin, rambut juga mempunyai vitaminnya sendiri yang bisa dipakai dengan dioleskan pada rambut. Pilihlah produk vitamin rambut tersebut dan gunakan ketika rambut setengah kering setelah keramas. Sehingga dapat untuk menjaga rambut tetap kuat dan tidak mudah rontok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *