Tips Mengkonsumsi Obat Tradisional Herbal dengan Aman

By | April 21, 2018

Di tengah maraknya obat-obatan buatan yang ada saat ini, pada zaman dahulu orang akan lebih sulit dalam menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit yang mereka alami. Oleh karena itu orang-orang pada zaman dahulu sangat kreatif dalam hal membuat obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit. Obat tersebut sering kita sebut dengan nama obat tradisional. Obat  yang dibuat pada zaman dahulu menggunakan berbagai tumbuhan alami yang setiap tumbuhannya memiliki khasiatnya sendiri. Namun, dengan berkembangnya zaman, saat ini banyak obat yang disalahgunakan dengan cara memalsukannya. Tidak jarang orang yang mengkonsumsinya malah bertambah sakit dan bukannya sembuh.

Tips Mengkonsumsi Obat Tradisional Herbal dengan Aman

Karena dibuat dari bahan alami seperti tumbuhan dan tanaman yang didapat dari alam, masyarakat Indonesia beranggapan bahwa obat tradisional yang dibuat saat ini sudah sangatlah manjur karena sudah dicoba bertahun-tahun. Pada dasarnya obat dibedakan menjadi dua, yaitu obat herbal tradisional dan obat non-tradisional. Setiap produk yang dibuat haruslah sudah lulus pengawasan dari BPOM.

Banyak orang menganggap bahwa obat tradisional dibuat dari tumbuhan yang alami karena itulah pasti aman untuk dikonsumsi. Namun pada dasarnya setiap tumbuhan memiliki khasiatnya masing-masing dan bukan tidak mungkin memiliki efek sampingnya juga. Berikut adalah tips dalam mengkonsumsi obat dengan cara pembuatan tradisional agar aman dalam digunakan.

  • Pastikan terdaftar di BPOM

Meskipun itu obat tradisional sekalipun produknya harus mengalami berbagai tes dan serangkaian uji coba terhadap khasiat yang ada di dalamnya. Pastikan bahwa obat yang Anda gunakan sudah terdaftar dalam uji BPOM dan layak untuk digunakan.

  • Selalu Cek dan ricek

Jangan lupa untuk selalu melihat kapan tanggal kadaluarsa dari produk yang Anda pakai. Obat yang dibuat secara tradisional ini pasti juga memiliki masa kadaluarsa. Jika Anda sampai mengkonsumsi obat kadaluarsa, bisa mengakibatkan efek samping yang bisa membahayakan. Ini tidak lepas dari banyaknya tumbuhan yang dipakai pada saat pembuatannya. Tumbuhan yang disimpan lama dan tidak terpakai bisa membuat kandungan yang ada di dalamnya berubah dan bisa membahayakan tubuh

  • Ikuti semua petunjuk

Ikuti segala aturan pakai yang ada dalam kemasan obat tradisional. Pemakaian obat ini berbeda dengan pemakaian obat-obat non-tradisional yang hanya tinggal minum. Jangan sampai Anda salah dalam menggunakan produk obat tersebut.

  • Hubungi Layanan Konsumen

Jika Anda masih ragu dan ingin tahu lebih banyak mengenai obat tradisional yang sudah telanjur Anda beli, jangan ragu untuk menelepon layanan konsumen tentang produk mereka. Dengan menghubungi layanan konsumen Anda akan lebih yakin untuk menggunakan produk tersebut.

  • Konsultasi Dokter

Sebelum Anda menggunakan obat tradisional lakukan konsultasi dengan dokter. Karena kita tidak mengetahui zat apa yang tidak boleh masuk ke dalam tubuh kita.

Baca juga Ini Dia Beberapa Bahan Tradisional yang Bisa Digunakan untuk Perawatan Rambut Hitam Anda

Hati-hatilah dalam memilih obat, karena obat adalah sarana untuk menyembuhkan dan membuat Anda sehat dari penyakit. Bukan sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *