Tips Mengobati Masuk Angin Secara Cepat dan Alami

By | March 22, 2018

Masuk angin memang termasuk penyakit umum yang hampir dialami oleh sebagian besar orang. Penyakit yang satu ini sering disepelekan karena dianggap penyakit yang mudah untuk penanganannya. Namun perlu diketahui, penyakit yang ringan sekalipun jika tidak ditangani secara cepat dan tepat tentu akan berimbas pada penyakit yang lebih serius. Mengalami penyakit yang satu ini tentu akan membuat kita tidak bisa beraktivitas normal seperti biasanya.

Tips Mengobati Masuk Angin Secara Cepat dan Alami

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pengaruh cuaca yang sering berubah-ubah, pola makan yang tidak teratur, kecapekan bekerja, kurang cukupnya istirahat, kehujanan, daya tahan tubuh yang menurun, serta serangan dari kuman dan virus pada tubuh. Gejala yang ditimbulkan bisa berupa demam, perut mengalami kembung, tenggorokan terasa nyeri, kepala pusing, badan panas, pegal-pegal dan meriang, terkadang disertai flu maupun batuk, dan masih banyak lagi. Faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan penyakit ini, antara lain:

  • Bepergian di malam hari.

Suhu di malam hari tentu sangat rendah dibandingkan dengan waktu yang lain. Angin malam saat di perjalanan akan menurunkan daya tahan tubuh karena kandungan zat asam arang atau karbondioksida. Angin malam yang berbahaya saat berada pada pukul 10.00 hingga 04.00. untuk orang yang bekerja di jam ini seperti nelayan, penjaga malam selain sangat rentan terkena penyakit masuk angin juga akan lebih rentan terkena penyakit kanker paru-paru basah.

  • Minum terlalu banyak es.

Meminum es dalam jumlah yang sangat banyak dan di saat cuaca kurang stabil akan memunculkan penyakit yang satu ini. Oleh karena itu minumlah es dalam jumlah yang secukupnya saja.

Mencegah memang lebih mudah daripada mengobati, namun jika Anda sudah terlanjur terkena penyakit ini sebaiknya lakukan pengobatan dengan segera. Untuk caranya bisa disimak tips mengatasinya dengan bahan alami berikut ini.

  • Cabai dan jeruk nipis.

Kedua bahan ini sama-sama mengandung vitamin C, sehingga tidak heran saat mengalami kondisi sakit dengan demam dan lesu akan langsung berkeringat dan bugar setelah mengkonsumsi makanan yang pedas maupun segar.

  • Mengkonsumsi sup ayam hangat.

Sup ayam sangat baik sebagai obat penyembuhan. Saat sakit akan berpengaruh juga terhadap selera makan karena kondisi lidah yang terasa pahit untuk mencecap makanan. Sup ayam yang diberi tambahan sayuran akan sangat cocok sebagai makanan di kala tubuh kurang fit. Sup ayam selain memiliki kandungan protein yang tinggi sebagai pemulih tenaga juga bisa sebagai penghangat tubuh. Kuahnya juga akan membantu menetralkan rasa mual dan dingin.

  • Meminum rebusan air jahe.

Kemasan modern olahan jahe memang sudah ada. Namun menggunakan bahan jahe yang secara langsung juga tidak masalah. Anda bisa merebus jahe dengan air untuk kemudian diminum. Anda bisa juga menambahkan madu maupun gula merah ke dalamnya.

Baca Juga 4 Penyebab Masuk Angin dan Usahakan Menghindarinya

  • Bawang putih.

Cara lain untuk mengobati masuk angin adalah dengan mencampurkan bawang putih pada makanan atau memakannya mentah-mentah dengan garam. Kandungan antibiotic allicin pada bawang mampu menghambat bakteri maupun virus yang menyerang.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *