Tips Merawat Luka Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

By | September 30, 2018

Sunat merupakan sebuah kondisi dimana kulit bagian terluar dari kemaluan, khususnya pada pria dihilangkan, tujuannya tak lain adalah untuk menjaga kemaluan agar tetap sehat dan juga mengikuti ketentuan Islam yang memang mewajibkan bagi laki-laki untuk di sunat. Karena tanpa di sunat resiko untuk terkena berbagai macam penyakit berbahaya dari kemaluan juga terbilang tinggi. Setelah melakukan sunat ini umumnya anak-anak diwajibkan untuk istirahat, para orang tua juga harus tepat dalam merawat luka bekas sunat tersebut akan cepat kering dan sembuh.

Tips Merawat Luka Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Mengingat setelah dioperasi umumnya resiko untuk mengalami infeksi juga terbilang begitu tinggi, sehingga perawatan harus dilakukan dengan tepat. Berikut ini diantaranya beberapa tips merawat luka setelah sunat agar lebih cepat sembuh, yaitu:

  1. Konsumsi obat untuk meredakan rasa nyeri, sangat wajar memang ketika setelah sunat nantinya akan timbul rasa nyeri pada bagian kemaluan, karena sebelumnya kulit terluka terkena benda tajam. Untuk mengatasi hal tersebut maka dianjurkan mengkonsumsi obat-obatan yang mampu mengatasi rasa nyerinya, seperti diantaranya adalah ibuprofen hingga paracetamol, paracetamol ini juga efektif menurunkan suhu badan, karena dalam beberapa kondisi anak yang baru di sunat akan mengalami demam.
  2. Hendaknya bersihkan area penis yang baru di sunat tersebut dengan benar, dalam beberapa kondisi setelah sunat memang tak dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu, namun tetap wajib untuk menjaga kebersihan area kemaluan agar tidak mengundang bakteri penyebab infeksi. Yaitu menggunakan air hangat suam-suam kuku, kemudian pakailah untuk membersihkan area tersebut, gunakan sabun yang bebas dari bahan kimia, setelah dibersihkan keringkan memakai kain bersih, sebelum nantinya dibungkus lagi menggunakan perban.
  3. Gunakan pakaian yang longgar, jangan memakai pakaian yang ketat, khususnya adalah untuk bawahan, karena beresiko untuk menekan area yang baru saja di sunat, untuk itulah pakailah busana yang longgar. Anda bisa mengganti celana dengan menggunakan sarung, apalagi di minggu-minggu pertama ketika baru saja di sunat agar lebih cepat sembuh dan leluasa dalam bergerak.
  4. Agar cepat kering maka oleskan salep khusus pada bagian bekas luka, biasanya produk obat yang satu ini akan disarankan oleh dokter dan bisa dengan mudah dibeli di apotek terdekat. Sedangkan untuk batang penis alangkah lebih baiknya mengoleskan petroleum jelly, ini sangat efektif untuk mencegah terbentuknya luka bekas dari sunat tersebut.

Baca juga: Benar Atau Salah Membersihkan Luka Menggunakan Alkohol

Pastikan juga untuk memeriksakan ke dokter secara teratur, kontrol untuk melihat perkembangan penyembuhan luka bekas sunat tersebut, apalagi jika terjadi gejala-gejala yang tidak diinginkan seperti demam yang tidak kunjung turun, mual muntah hingga muncul infeksi di sekitar penis maka harus segera dikonsultasikan ke dokter. Bisa jadi cara merawat luka sunat salah atau timbul masalah baru karena infeksi kuman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *