Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat dengan Mudah  

By | April 4, 2018

Penyakit terkadang datang dengan cara yang tidak bisa diprediksi, baik itu penyakit ringan maupun berat sekalipun. Penyakit ringan seperti sakit kepala tentu pernah dialami oleh hampir sebagian besar orang. Penyakit yang menyerang bagian kepala maupun leher ini menimbulkan rasa sakit yang membuat tidak nyaman. Umumnya jenis penyakit yang menyerang kepala ini adalah tension headache yang disebabkan karena adanya ketegangan otot-otot di daerah kepala, pundak, leher, hingga rahang. Tipe penyakit ini biasanya akan berlangsung selama 30 menit sampai beberapa jam. Meskipun termasuk jenis penyakit ringan, namun jika tidak segera ditangani penyebabnya bisa berlangsung hingga beberapa hari.

 

Umumnya rasa sakit bermula dari bagian belakang kepala kemudian menjalar ke bagian depan. Saat serangan sakit mendera, Anda bisa mencoba tips-tips berikut ini untuk meredakannya sebelum mengkonsumsi obat.

Beristirahat di ruangan yang gelap.

Saat sakit kepala menyerang, segeralah mencari tempat untuk sekedar duduk bersandar atau berbaring. Ruangan yang tenang dan agak gelap akan sedikit membantu meredakan sakit yang satu ini. Hindari kebisingan dari lingkungan sekitar Anda. Sambil berbaring atau duduk bersandar, tenangkan diri Anda serta lakukan pelemasan bagian kepala serta pundak Anda.

Relaksasi.

Bagi Anda yang terbiasa melakukan meditasi, bisa pergunakan teknik dalam meditasi untuk meredakan sakit yang menyerang kepala. Pejamkan mata Anda, atur napas dan bayangkan Anda sedang berada di tempat favorit yang nyaman. Lakukan hal ini sampai sakit yang mendera berangsur-angsur menghilang.

Baca Juga : 2 Jenis Sakit Kepala yang Harus Anda Ketahui

Kompres.

Mengompres juga bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit. Ada dua teknik mengompres yang bisa dilakukan, yaitu teknik kompres dingin dan kompres panas. Kompreslah bagian kening dan belakang leher Anda dengan lap hangat yang sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah serta mengendurkan otot-otot yang kaku. Setelah itu lanjutkan dengan mengompres bagian tersebut dengan kompres dingin. Anda bisa menggunakan es batu yang dibalut menggunakan sapu tangan. Efek dingin dari es akan mengecilkan pembuluh darah. Saat pembuluh darah mulai mengecil, tekanan pada saraf-saraf sensitif pada kepala akan berkurang.

Melakukan pijatan ringan.

Anda bisa melakukan pijatan ringan dengan jari telunjuk atau ibu jari Anda di bagian yang sakit. Lakukan gerakan pijatan yang konstan selama 7-15 detik. Ulangi sampai rasa sakitnya berkurang. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memijit area kepala, leher, dan pundak Anda dengan tekanan yang pas.

Makan.

Sakit kepala bisa disebabkan karena turunnya kadar gula darah. Anda bisa meminum teh hangat dan makan ringan terlebih dahulu. Untuk menghindari penyakit ini, usahakan agar makan tepat waktu sehingga tidak terjadi penurunan kadar gula darah.

Melakukan peregangan.

Tegangnya otot-otot di bagian pundak serta leher memicu penyakit yang satu ini. Untuk itu saat di dera penyakit ini Anda bisa melakukan peregangan sederhana pada bagian kepala.

Minum air segera.

Salah satu tanda dehidrasi adalah sakit di bagian kepala. Sehingga sangat disarankan segera minum air putih untuk meredakannya gejalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *