Tips Mudah untuk Menambah Nafsu Makan Pada Anak

By | December 28, 2017

Masalah yang sering kali terjadi kepada anak yaitu susah makan. Sedangkan hal ini pun sudah menjadi hal yang wajar yang hampir semua anak akan mengalami. Akan tetapi dengan nafsu makan anak yang tidak baik, tentu saja hal ini membuat berat badan anak menurun. Memiliki anak yang susah makan tentunya menjadikan para orang tuanya bersedih, terlebih lagi bila sang anak memiliki tubuh yang kurus, tentu saja hal membuat para orang tua harus melakukan cara yang tepat untuk membuat anak memiliki nafsu untuk makan.

Sedangkan nafsu untuk makan tentunya akan dikendalikan oleh hormon ghrelin dan juga leptin. Untuk hormon ghrelin ini nantinya akan meningkatkan pada nafsu anak untuk makan, sedangkan untuk hormon leptin ini berguna untuk menurunkan pada nafsu anak terhadap makanan. Dengan begitu maka hormon ghrelin ini nantinya akan dilepas di bagian perut dan kemudian akan memberikan sinyal rasa lapar pada otak anak. Sedangkan para orang tua pun juga haruslah memikirkan pada asupan kalori sang anak agar kebutuhannya pun tidak kurang.

Untuk asupan kalori untuk anak dalam setiap harinya tentunya juga berbeda-beda, karena tergantung pada usia anak itu sendiri. Untuk anak 2-3 tahun maka asupan kalori yang dibutuhkan kisaran 1.000 hingga 1.400 kalori. Sedangkan bagi anak yang tidak memiliki nafsu makan ini pun juga disebabkan karena beberapa hal, misalnya seperti merasa stres, makanan yang tidak menarik, merasa tegang, dan ada pun faktor yang lainnya. Untuk memunculkan nafsu pada anak agar dapat makan dan semua kebutuhan makanan dapat terpenuhi dengan baik, maka Anda beberapa tips di bawah ini yang akan membantu Anda.

Berikut ini tipsnya:

  1. Jangan memaksakan anak untuk makan.
  2. Cobalah untuk membuat tampilan makanan lebih menarik.
  3. Godalah anak dengan aroma makanan.
  4. Berikan makanan kepada anak dalam porsi yang kecil, agar sang anak lebih memiliki ketertarikan untuk makan.
  5. Biasakan sang anak untuk makan secara perlahan.
  6. Pada saat makan maka batasi sang anak dalam minum, karena hal ini dapat membuat anak merasa cepat kenyang.
  7. Pada saat Anda mempersiapkan makanan untuk anak, maka tidak ada salahnya jika Anda melibatkan anak.
  8. Jika dari ke 7 tips di atas tidak berhasil, maka konsultasikan pada dokter anak.

Pada biasanya para orang tua akan memberikan suplemen kepada anak untuk membuat nafsu makan anak meningkat. Akan tetapi pada saat anak Anda tidak memiliki ketertarikan untuk makan, maka jangan terlalu buru-buru untuk memberikan suplemen kepada anak, akan tetapi Anda dapat untuk mencoba beberapa hal yang ada di atas terlebih dahulu agar kesehatan sang anak pun juga mampu terjaga dengan baik, serta asupan makanan yang dibutuhkan anak pun juga dapat terpenuhi dengan sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *