Tips Sehat Mencegah Tensi Darah Naik

By | December 30, 2016

Memiliki badan yang sehat merupakan harapan setiap orang. Sebagian besar orang bahkan rela melakukan apa saja untuk menjaga kesehatannya dan sebisa mungkin menghindari hal-hal tertentu yang berpotensi mendatangkan penyakit. Dengan memiliki tubuh yang sehat, fisik seseorang akan lebih kuat sehingga bisa terus fit dalam menjalankan rutinitasnya sehari-hari. Salah satu jenis penyakit yang banyak ditakuti adalah tekanan darah tinggi. Penyakit yang satu ini menjadi momok yang sangat menakutkan khususnya bagi orang tua sebab dapat mengakibatkan keluhpuhan dan bahkan dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Tidak heran jika banyak orang yang memilih menghindari makanan-makanan tertentu agar tensi darahnya tidak naik dan tetap normal. Jika ingin mencegah terjadinya darah tinggi, sebenarnya terdapat ramuan herbal yang cukup aman dikonsumsi para penderita darah tinggi atau orang dengan tekanan darah normal yang khawatir tensinya naik. Berikut ini adalah tips sehat mencegah terjadinya naiknya tensi darah.

Cara paling sederhana dan cukup mudah untuk mengatasi darah tinggi adalah dengan memaksimalkan manfaat buah belimbing. Siapkan buah belimbing setengah matang dengan ukuran yang cukup besar. Parutlah buah belimbing tersebut dan kemudian peraslah airnya hingga cukup untuk satu gelas. Minumlah air dari parutan buah belimbing itu secara rutin setidaknya dua hari sekali. Tips sehat ini sangat ampuh untuk menjaga tensi darah agar tetap normal. Untuk mengatasi darah tinggi, minumlah air parutan buah belimbing sehari dua kali selama sebulan penuh.

Air perasan belimbing yang sudah dibuat juga jangan sekali-kali dicampur dengan gula pasir atau sirup. Biarkan air perasan belimbing tersebut alami dan rasanya agak sedikit kecut. Selain dengan mengandalkan air perasan buah belimbing, menjaga tensi darah juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat. Hindari makanan yang mengandung garam, meski cuma sedikit. Mengkonsumsi garam justru berbahaya bagi penderita darah tinggi. Mengkonsumsi gula dengan kadar berlebihan juga tidak baik.

Bagi seseorang yang tekanan darahnya sudah terlalu tinggi, bisa meningkatkan kadar perasan belimbing yang akan diminum, misalnya menjadi dua buah sekali minum. Pada bulan pertama, hendaknya mengkonsumsi perasan buah belimbing lebih rutin, dan diimbangi pula dengan makanan yang tidak mengandung daging merah. Pada bulan kedua, barulah minum perasan buah belimbing dengan kadar yang normal.

Selain dengan mengandalkan air perasan belimbing sebagaimana dijelaskan di atas, penderita darah tinggi atau orang yang rentan terkena darah tinggi sebaiknya juga lebih aktif bergerak, misalnya berolahraga secara rutin. Berjalan kaki setidaknya sepuluh menit setiap hari sangat dianjurkan. Ketika akan tidur, usahakan tidak terganggu dengan suara-suara yang berisik, seperti suara televisi atau handphone, sebab tidur dalam kondisi yang tenang juga merupakan terapi alami bagi penderita darah tinggi. Kalau seandinya tidurnya terganggu oleh suara yang berisik, usahakan tidak langsung duduk atau berdiri. Berbaringlah selama beberapa saat dan sempatkan untuk menghirup nafas dalam-dalam selama beberapa kali sebelum bangun.

Itulah beberapa tips sehat untuk mencegah naiknya tensi darah dan agar tensi darah tetap normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *