Tips Sehat Saat Hamil Muda

By | December 23, 2016

Menjaga kesehatan sangatlah penting, semua orang sudah tahu itu namun tetap saja banyak orang yang melanggarnya. Namun, ketika Anda atau istri Anda sedang hamil, tidak boleh lagi atau diusahakan harus menjaga kesehatan demi bayi Anda. Karena kesehatan si jabang bayi tergantung dari asupan makanan yang si Ibu konsumsi. Begitu pula dnegan gaya hidup Anda. Semakin sering Anda tertekan, atau stress ataupun masih saja bergelut dengan gaya hidup yang buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol, maka kesehatan bayi Anda juga terancam. Lalu tips sehat apa saja yang harus dilakukan saat Anda sedang hamil muda? Mari kita simak penjelasan di bawah ini dengan detil.

  • Di saat hamil muda, sudah pasti si ibu akan lebih sensitif, baik dari indera pengecapan, bau, serta rasa pusing dan mual yang disebut morning sickness. Anda harus lebih sering minum air putih lebih banyak walaupun itu akan membuat Anda lebih sering mengunjungi toilet, tapi tidak apa, setidaknya Anda tidak akan dehidrasi. Lalu selingi dengan meminum air jahe agar untuk mengurangi rasa lemas akibat mual dan muntah. Asupan protein yang tinggi sangat diperlukan buat ibu hamil. Karena saat hamil muda, si jabang bayi sedang membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan otaknya.
  • Hindari rokok karena akan berdampak pada keguguran yang tentunya tidak diinginkan, plasenta bermasalah, anak yang hiperaktif serta pakar juga mengatakan bahwa anak yang terlahir dengan bibir sumbing biasanya karena sang ibu tidak berhenti merokok saat hamil. Sedangkan alkohol dna kopi (mengandung kafein) bisa menyebabkan anak Anda akan hiperaktif, berat bayi akan rendah daripada normalnya dan resiko prematur. Jadi diusahakan untuk berpuasa selama bayi Anda masih di dalam kandungan.
  • Kendalikan kondisi emosional Anda. Mood seorang ibu yang sedang hamil akan turun dan naik dikarenakan hormon berlebih dan tak beraturan. Jadi, sebisa mungkin ibu yang selalu cemas dengan kondisi bayi, atau cemas dengan keadaan ekonomi ataupun khawatir karena belum pernah menjadi ibu sebelumnya agar bisa dikurangi. Sebisa mungkin perasaan Anda harus santai, rileks, banyak membaca atau mengerjakan hal – hal positif juga. Sangat diperlukan juga dukungan dari suami dan keluarga saat mood swing Anda sedang parah – parahnya. Hubungan Anda dengan suami juga harus dipererat, mengingat Anda tetap bisa berhubungan intim dan tak perlu mengkhawatirkannya karena janin Anda berada di dalam kantung  serta ada otot – otot rahim dan cairan di leher rahim yang akan menjaga anak Anda dari infeksi saat berhubungan intim.

Untuk menjadi ibu yang bahagia, tentunya Anda harus sehat dulu. Karena jika sering sakit – sakitan, maka hidup Anda hanya akan penuh dengan pikiran negatif dan keluhan. Jadi, sebisa mungkin tips sehat ini dibaca dan dipahami serta dilaksanakan sebelum terjadi hal – hal yang tentunya tidak ANda inginkan. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *