Tips Sehat Sederhana dan Jitu untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh  

By | July 20, 2018

Memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari penyakit merupakan salah satu keinginan yang dimiliki oleh setiap orang. Namun beberapa faktor membuat sistem imune tubuh menurun dan membuat tubuh menjadi gampang untuk terserang penyakit. Penyakit yang dapat menyerang tubuh dapat berupa penyakit ringan misalnya demam, flu, batuk atau penyakit kronis. Salah satu cara untuk menghindari penyakit adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan untuk meningkatkan sistem imun tersebut ada banyak tips sehat yang bisa Anda ikuti.

 

Pertama adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Cara tersebut merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh yang sederhana dan bisa dilakukan setia orang. Lingkungan yang bersih dapat membantu untuk terhindar dari penyakit dan juga dapat membuat pikiran menjadi lebih segar. Karena hal tersebut bersihkan lingkungan Anda misalnya kamar Anda secara rutin dan Anda juga bisa menambahkan tanaman hidup untuk memberikan kesan sejuk sehingga akan lebih menyegarkan dan menenangkan.

 

Kedua adalah dengan menghindari stress. Stress merupakan salah satu yang dapat menurunkan sistem imun tubuh. Ada banyak hal yang menjadi penyebab stress mulai dari pekerjaan yang menumpuk, masalah pribadi hingga karena terlalu memikirkan sesuatu atau memasukkan ke dalam hati semua yang ditujukan ke Anda. Namun jika stress tidak bisa dihindari, Anda bisa melakukan tips sehat ini untuk membantu mengurangi stress misalnya dengan menonton sesuatu yang lucu. Namun, pastikan jangan duduk terlalu lama, misalnya terlalu banyak menonton, karena hal tersebut bisa berdampak pada kesehatan Anda misalnya kekuatan jantung yang menurun.

 

Cara lainnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh diantaranya yaitu:

 Baca Juga : Obat Alami untuk Membuang Racun dari Dalam Tubuh

  • Memakan makanan yang sehat yang mengandung vitamin dan mineral seperti buah dan sayuran
  • Berolahraga dengan teratur akan mengaktifkan fungsi kerja organ dalam tubuh berjalan dengan baik dan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan mengakibatkan asupan gizi dari makanan yang dimakan dapat disalurkan ke seluruh tubuh.
  • Minum air putih yang cukup yaitu 2 liter setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.
  • Beristirahat yang cukup karena tidur yang cukup dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan untuk mengistirahatkan organ tubuh setelah seharian bekerja.
  • Berpikiran positif dan tersenyum karena kebahagiaan dalam diri seseorang akan membuat hormon kebahagiaan meningkat sehingga dapat mempengaruhi sistem imun tubuh.

 

Selain cara diatas, untuk meningkatkan sistem imune tubuh, tips sehat yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi suplemen dan vitamin tambahan. Sebelum mengkonsumsi, sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter agar manfaat vitamin dan mineral yang dikonsumsi menjadi lebih maksimal. Selain suplemen, vitamin, sayur dan buah, sebaiknya mengurangi makanan manis yang mengandung gula tinggi karena dapat menurunkan imun tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *