Tips Sehat Tanpa Obat untuk Wanita

By | January 9, 2017

Memiliki tubuh yang sehat tentu merupakan harapan setiap wanita. Dengan tubuh yang sehat, wanita bisa menjalankan aktifitasnya sehari-hari tanpa gangguan dan halangan. Namun ketika penyakit datang melanda, tentu akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi wanita. Pekerjaan rumah akan terbengkalai, dan bahkan suami dan anak akan diabaikan karena kondisi fisik ketika sedang sakit tidak memungkinkan untuk dipaksa melakukan rutinitas. Apalagi bagi wanita, terdapat beberapa jenis penyakit yang seringkali membuat tidak nyaman dan membuat suasana hati menjadi buruk, seperti misalnya keputihan. Agar penyakit keputihan tersebut bisa hilang, tidak jarang para wanita menempuh cara yang instan, yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan pabrik yang notabene mengandung bahan kimia. Mengkonsumsi obat yang mengandung bahan kimia bukanlah solusi yang baik. Selain hanya berkhasiat sementara, obat-obatan yang mengandung bahan kimia juga berbahaya bagi tubuh. Menerapkan tips sehat tanpa obat lebih dianjurkan bagi wanita.

Menderita penyakit seperti keputihan tentu membuat seorang wanita menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasinya, para wanita bisa menerapkan tips sehat tanpa obat untuk mengatasi penyakit keputihan sebagaimana yang akan dijabarkan sebagai berikut.

Keputihan merupakan lendir yang keluar terlalu banyak dari liang peranakan. Pada umumnya, lendir pada keputihan yang bentuknya seperti sagu kental dengan warna agak kekuningan ini memiliki bau yang tidak sedap, sehingga wanita yang mengalami keputihan akan merasa tidak nyaman. Keputihan disebabkan oleh terjadinya peradangan dan infeksi pada bagian dalam liang vagina. Keputihan menjadi momok yang menakutkan jika terjadi berlarut-larut, sebab bisa menyebabkan kemandulan.

Baca juga: Tips Sehat Tanpa Obat

Keputihan pada wanita dapat diobati dengan jalan penyembuhan menggunakan ramuan tradisional. Caranya, ambillah sepuluh lembar daun  belutas, juga sepotong kayu rapet kurang lebih panjangnya sekitar 5cm. Kayu yang digunakan bisa mengandalkan kayu jenis Pulosari. Kemudian siapkan juga satu batang temu-kunci, sepotong ujung leingking kunir, dan temulawak sebesar jari kelingking.

Cara membuat obat keputihan dari bahan-bahan di atas adalah dengan cara merajang semua bahan-bahan di atas, semenytara temu-kunci dan temu lawak diiris tipis-tipis. Kunirnya juga diiris tipis-tipis. Masukkan semua bahan tersebut bersama daun beluntas ke dalam panci yang berisi dua mangkuk air putih. Kemudian, rebuslah sebua bahan tersebut hingga mendidih dan hingga air pada panci tersebut mulai menyusut. Jika air sudah mendidih dan menyusut, matikan api dan minumlah air rebusan tersebut ketika masih hangat tanpa disaring.

Ramuan dari bahan-bahan tersebut merupakan obat herbal untuk mengatasi keputihan, dan sudah terbukti ampuh. Ramuan tersebut merupakan resep rahasia yang diwariskan secara turun temurun dari Keraton Sumenep yang sering diminum oleh para Ratu dan puteri Raja untuk menjaga kewanitaan mereka. Minumlah ramuan tersebut secara teratur selama sepuluh hari setidaknya satu kali setiap harinya. Dengan meminum ramuan tersebut, keputihan menjadi sembuh sehat tanpa obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *