Tips Sehat Untuk Seorang Ibu

By | July 14, 2018

Kenikmatan yang terbesar yang dimiliki manusia adalah kesehatan. Kekayaan dan kedudukan tinggi seakan tidak berarti bila seseorang kesehatannya tertanggu. Hal ini menjadikan usaha untuk menjadikan diri kita sehat wajib untuk kita memperhatikan tips sehat. kesehatan ini juga menjadi indikator sejahteranya sebuah bangsa.

Tips Sehat Untuk Seorang Ibu

Ibu merupakan sosok yang penting bagi kita semua. Ia yang mengandung, melahirkan, dan merawat kita. Tetapi kesehatan ibu sampai sekarang belum menjadi perhatian serius bagi kita, terutama dalam proses kehamilan dan kelahiran. Tips sehat untuk  seorang ibu belum dikampanyekan secara massif.

Tips Sehat Untuk Seorang Ibu

Menurut survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007, angka kematian ibu ketika melahirkan menunjukan angka yang tinggi. Hal ini cukup menghawatirkan bagi kita, melihat fakta bahwa ibu sosok yang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun psikologis. Lalu tanpa memperhatikan kesehatan ibu, apakah patut kita mengharapkan bangsa akan melahirkan anak bangsa yang hebat?

Pada tulisan kali ini kami akan paparkan sedikit tips sehat untuk ibu dan membuat ibu-ibu dapat  melahirkan anak bangsa yang sehat dan hebat pula.

  1. Kesehatan seorang ibu, dimulai ketika seorang wanita masih remaja. Dengan memperhatikan kesehatan sejak remaja, selama proses menjadi seorang ibu, kesehatan wanita akan lebih bisa dijamin.
  2. Untuk menjadikan ibu yang sehat, apalagi selama kehamilan, harus dimulai sejak seorang ibu sebelum hamil. Kesehatan ibu bisa diusahakan dengan mekanan yang bergizi dan pola hidup yang sehat seperti istirahat dan olah raga yang cukup. Jika seorang ibu tidak terpenuhi asupan gizinya tidak hanya berdampak pada ibu saja, tetapi juga berdampak pada anak yang dikandung dan dilahirkannya.

Baca juga: Tips Perawatan Wajah Secara Alami

Penting untuk diperhatikan, jangan sampai seorang ibu hamil bekerja dan berpikir terlalu keras yang dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental. Jadi dalam masa hamil dan menyusui, tidak hanya asupan gizi yang penting untuk diperhatikan, membuat seorang ibu bahagia juga tidak kalah pentingnya.

  1. Hindarkan ibu dari bahan-bahan berbahaya, seperti rokok, narkoba, minuman keras, dsb.
  2. Dalam proses melahirkan jangan asal memilih tempat kehamilan. Pastikan yang menolong proses kehamilan adalah orang yang profesional.
  3. Tidak kalah penting seorang ibu harus sehat dari sisi psikologi. Ia tidak boleh sering stress, tertekan, dsb. Seorang ibu harus dihindarkan tidak hanya dari kekerasan fisik tapi juga psikologis. Seorang ibu yang tidak sehat rohaninya pasti berdampak pada kesehatan seorang anak, baik dari segi fisik maupun psikologis.

Di atas telah kami paparkan tips sehat untuk seorang ibu. Dengan ibu yang sehat, akan dilahirkan anak-anak yang sehat pula, baik fisik maupun psikologis. Sehingga kita dapat berharap banyak pada anak yang dilahirkan untuk menjadi harapan masa depan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *