Tips Tingkatkan Nafsu Makan Si Kecil dengan Mudah dan Cepat

By | December 29, 2017

Anak-anak yang enggan membuka mulutnya dan memilih untuk menolak makan memang sering membuat orang tua kalang kabut dibuatnya. Jangan sampai buah hati Anda mengalami gangguan pertumbuhan karena mogok makan. Nafsu makan seseorang sebenarnya dikendalikan oleh hormon leptin dan ghrelin. Ghrelin akan meningkatkan nafsu makannya sedangkan leptin digunakan untuk menurunkan nafsu makannya. Hormon ghrelin yang dilepaskan di perut kemudian memberikan sinyal lapar ke otak.

Orang tua bisa memperkirakan berapa asupan kalori untuk buah hatinya sehingga anak tidak mengkonsumsi asupan kurang dari kebutuhannya. Untuk anak yang berusia 2 hingga 3 tahun memerlukan kalori 1000 hingga 1400 kalori. Terdapat beberapa alasan anak maupun orang dewasa tidak memiliki rasa ingin makan seperti efek samping obat, tegang, stress ataupun karena tampilan makanan yang kurang menarik. bila anak mogok makan, ada beberapa hal yang bisa mendorong keinginan anak untuk makan.

Pertama, buat tampilan makanan menjadi lebih menarik. hindari memaksa anak makan karena biasa memancing ketidaktenangan saat makan. Hal ini bisa membuat anak tidak sensitif pada nafsu makan di kemudian hari. Anda bisa mencoba membuat sajian makan menjadi warna yang lebih menarik mata, sehingga diharapkan bisa membuat waktu makan menjadi semakin menyenangkan. Anda bisa mengkombinasikannya dengan sayur serta warna yang berbeda. saat disajikan bersama dengan pasta atau sumber karbo lain, hal ini bisa mendukung variasi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Kedua, goda menggunakan aroma makan. Agar bisa menarik nafsunya, Anda bisa menggoda melalui bau makanan yang lebih menyenangkan. Sajikan makanan ketika hangat atau baru selesai dimasak. Anda juga bisa menghangatkan makanan sesaat sebelum disajikan sehingga hidung mempunyai waktu untuk memicu nafsu ingin makan. Sebenarnya, membagi makanan anak dengan porsi kecil bisa mudah untuk disiapkan. Selain itu mengunyah makanan dengan perlahan bisa memberi waktu pada anak sehingga bisa mengukur rasa laparnya.

Terakhir, jangan minum ketika makan. Agar bisa menjaga nafsu makan serta mencegah rasa kenyang, lebih baik hindari minum terlalu banyak selama jam makan. Minuman seperti jus, kopi, teh serta jenis minuman lain. Ajak anak-anak belanja serta menyiapkan makanan yang akan Anda siapkan. Anda mempunyai kesempatan mengetahui sebenarnya seperti apa jenis makanan yang disukainya, sekaligus memberikan penjelasan apa saja nutrisi yang baik. bila gangguan nafsu ingin makan ini terjadi secara terus menerus, Anda bisa melakukan konsultasi kondisi ini dengan dokter. Kekurangan mineral tertentu bisa menurunkan nafsunya untuk makan. Salah satu kesalahan orang tua saat anaknya tidak mau makan adalah langsung memberikan suplemen penambah keinginan untuk makan. Padahal, kita bisa mencari cara lain sehingga ia memiliki nafsu atau keinginan makan tanpa harus diberi suplemen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *