Toga, Obat Alami yang Murah Meriah

By | February 3, 2017

Para artikel kali ini, kita akan mengenalkan toga (tanaman obat keluarga) sebagai obat alami yang ada disekitar kita. Karena ternyata banyak sekali tanaman-tanaman liar yang memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Kita bisa mengolah tanaman-tanaman tersebut menjadi sesuatu yang berharga dan bermanfaat, khususnya untuk kesehatan kita. Kita bisa lho menjadi dokter spesialis untuk diri kita sendiri, jangan pernah meremehkan kesehatan ya, karena ini adalah  hal yang sangat mahal yang tak akan pernah bisa tergantikan oleh uang.

  • Alang-alang (Imperata Cylindrica L)

Ternyata alang-alang yang sering kita abaikan ini memiliki manfaat untuk melancarkan air seni yang tersumbat karena kencing batu. Karena kandungan kimianya yang terdapat pada akar memiliki saponin dan tanin serta pada daunnya mengandung polifenol sangat bagus untuk mengatasi penyakit tersebut.

  • Bawang merah (Allium Cepa L)

Memiliki kandungan kimia flavonglikosida dan sulphur yang berkhasiat untuk menyembuhkan demam pada anak, masuk angin, perut kemunbung, serta pembengkakan pada payudara.

  • Brotowali (Tinospora Crispa Miers)

Tanaman ini mengandung alkaloida, tanin, flavonoida, zat pahitpikroretin, alkaloid berberina yang berfungsi sebagai obat luka, gatal-gatal, malaria, hepatitis, diabetes dan rematik.

  • Bunga sepatu (Hibiscus Rosa Sinensis)

Bunga ini mengandung hibisetin, batang dan daunnya mengandung ca-oksalat, peroksidase, lemak dan protein. Sehingga dapat dijadikan obat sakit kepala, panas, batuk, sariawan, bronchitis, dan gondok.

Baca juga: Brokoli, Obat Herbal untuk Kanker Payudara

  • Katuk (Sauropus Androginus)

Daun dan akarnya mengandung saponin, flavonoioda dan tanin yang cocok untuk obat bisul, sembelit, demand an memperlancar ASI.

  • Kumis kucing (Orthosipon Aristatus B.Miq)

Tanaman ini dapat menjadi alternatif untuk mengobati batu ginjal, susah buang air kecil, sakit pinggang, diabetes dan encok.

  • Melati (Jasminum Smbac Alt)

Melati mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoida, polifenol, metil-pentenil- siklopentenin, indol, benzyl dan livalylacetat. Tanaman ini dapat mengobati demam, bau badan, sakit kepala, bengkak akibat gigitan serangga, jerawat, sulit tidur.

  • Mengkudu (Morinda Citrifolia L)

Orang jawa tengah biasa menyebutkan dengan istilah pace, tanaman ini digunakan untuk obat hipertensi, ketombe, cacing gelang, hepatitis, diabetes, radang usus, amandel dan pegal linu.

  • Sambiloto (Andrographis Paniculata)

Tanaman ini masuk dalam famili acantaceae. Dan tanaman ini mengandung saponin, flavonoida, serta tanin tanaman ini juga dapat dijadikan obat diabetes, hidung berlendir, obat telinga, typus, TBC, paru-paru.

  • Temu lawak (Curcuma Xanthorriza)

Tanaman yang satu ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit bisul, maag, hepatitis, asma, ginjal, kolestrol, batuk, badan capek, sulit buang air besar, memperbanyak ASI, penambah nafsu makan, pembersih darah.

  • Rebung

Rebung atau bamboo muda ini bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke, membantu mencegah penyumbat pembuluh darah, jantung koroner, diabetes, hipertensi, kanker kolon atau kanker usus besar, hiperlipidemia atau kelebihan lemak,serta hiperkolestrolema atau kelebihan kolestrol.

  • Waru (Hibiscus Tiliaceus)

Tanaman ini dapat menyembuhkan batuk, bisul, demam, penyubur rambut.

Dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, ternyata banyak sekali toga yang ada disekitar kita. Kita bisa memanfaatkannya sebagai obat alami yang tidak perlu membayar. Maka dari itu jangan rusak tanaman-tanaman yang ada disekitar kita. Suatu saat ia akan berguna untuk kita.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *