Usir Batuk dengan Ramuan Herbal Ini!

By | September 21, 2016

 

Penyakit bisa menyerang kapan saja dan di mana saja. Ditambah dengan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini menyebabkan potensi terkena penyakit meningkat. Cuaca yang kadang turun hujan, kadang panas membuat pertumbuhan dan penyebaran virus menjadi lebih cepat. Tak ayal banyak orang yang kemudian jatuh sakit. Penyakit yang paling sering mendera manusia ketika cuaca buruk yaitu batuk dan pilek. Tapi tak perlu khawatir sebab penyakit batuk dan pilek bisa diatasi dengan menggunakan ramuan herbal yang alami.

Penyakit batuk sendiri disebabkan oleh virus yang menyerang tenggorokan sehingga menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan perih saat menelan. Batuk sendiri ada dua macam yakni batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering artinya tidak menimbulkan dahak yang menganggu. Sedangkan batuk berdahak, ketika terserang penyakit ini, akan timbul dahak dari tenggorokan yang harus dikeluarkan karena mengandung virus.

Saat batuk, orang-orang cenderung akan pergi ke apotek untuk membeli obat batuk. Kadang-kadang bila dirasa perlu, beberapa orang akan memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh resep dan pengobatan yang tepat. Tak ada yang salah dengan pilihan membeli obat atau pergi ke dokter untuk mengobati penyakit batuk. Namun jika batuk yang diderita masih ringan dan belum menimbulkan radang tenggorokan, bahan-bahan alami pun bisa membantu. Bahan-bahan alami ini dapat kita racik menjadi ramuan herbal yang ampuh untuk mengusir batuk.

Untuk membuat ramuan tradisional pengusir batuk cukup dengan menggunakan bahan alami atau tanaman yang dapat kita temukan di lingkungan sekitar kita. Ada banyak macam ramuan tradisional untuk mengobati batuk. Kita tinggal memilih ramuan yang hendak dibuat. Tetapi adakalanya, beberapa ramuan menggunakan bahan-bahan yang cukup sulit ditemui saat ini. Di bawah ini, akan diuraikan mengenai ramuan-ramuan tradisional dari bahan yang mudah ditemui yaitu:

  • Ramuan daun pare. Caranya sangat mudah yakni dengan mencampur air matang dengan tujuh lembar daun pare yang sudah ditumbuk halus lalu saring. Untuk hasil terbaik, konsumsi ramuan ini dua kali dalam sehari.
  • Ramuan jeruk nipis dan kecap. Kecap ternyata bermanfaat untuk mengusir batuk. Tinggal tambahkan kecap dengan perasan air jeruk nipis sebelum diminum dan rasakan manfaatnya.

Baca jaga: Kelebihan Pengobatan Herbal yang Perlu Anda Tahu

  • Ramuan jahe dan kencur. Ramuan ini cocok untuk penderita batuk berdahak. Caranya adalah dengan merebus kencur dan jahe yang sudah diparut sebelumnya. Setelah mendidih dan disaring, airnya dapat langsung diminum untuk mengusir dahak pada tenggorokan.
  • Ramuan daun sirih. Kandungan antibakteri yang terdapat dalam daun sirih mampu membunuh virus-virus membandel penyebab batuk. Cukup dengan merebus lima hingga tujuh lembar daun sirih dengan tiga gelas air sampai mendidih. Sesudahnya air hasil rebusan dapat diminum sehari tiga kali.

Ramuan-ramuan di atas diambil dari bahan-bahan yang tersimpan di dapur kita. Dengan demikian, kita pun tak perlu repot-repot mencarinya mengingat beberapa bahan obat batuk tradisional lainnya sulit untuk dicari. Selain mudah didapatkan, bahan-bahan di atas juga lebih murah dan aman dibandingkan dengan obat batuk yang dijual bebas di pasaran. Karena dibuat sendiri, kehigienisannya pun tidak perlu dipertanyakan lagi.

Cara-cara di atas terbukti ampuh untuk mengusir batuk ringan yang mendera. Hingga kini ramuan herbal di atas masih dibuat oleh beberapa orang ketimbang pergi ke dokter. Tetapi jika setelah mengonsumsi ramuan tersebut batuk masih menyerang dan belum ada perubahan, maka ada baiknya memeriksakan diri ke dokter. Hal ini penting agar batuk bisa segera hilang dan aktivitas dapat kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *