Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Wajib Dikonsumsi

By | December 11, 2018


Sebagai seorang ibu, bisa menyusui dan memberikan ASI yang banyak adalah berkah. Ketika mereka lancar dalam memproduksi ASI dan dapat menyusui dengan normal, mereka patut untuk bersyukur. Namun, pada kenyataannya, Ada beberapa perempuan yang kelenjar susunya sulit memproduksi ASI sehingga bayi harus dititipkan untuk mendapat ASI dari orang lain. Dalam hal ini, kalian tidak perlu berkecil hati, ada berbagai cara menyusui bayi yang bisa dilakukan. Cara menyusui bayi memang tidak sekadar mendekatkan bayi ke payudara ibu. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya, seperti si ibu harus rileks dan nyaman terlebih dahulu.

Ketika sedang dalam masa menyusui, tentunya ibu akan sangat berharap kandungan ASI-nya lancar sehingga asupan untuk si kecil akan terpenuhi. Selain itu, pasca-melahirkan asupan makanan ibu juga perlu dijaga untuk memulihkan kondisi tubuh. Agar kesehatan ibu dan bayi tetap tejaga hal yang utama dilakukan ibu adalah menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin.

Vitamin untuk ibu menyusui ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan bayi karena apa yang dikonsumsi oleh ibu akan berdampak ke ASI yang akan dikonsumsi oleh bayi.

Berikut beberapa vitamin yang wajib dikonsumsi oleh ibu selama masa menyusui.

Vitamin A

Sudah menjadi rahasia umum jika vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata. Dengan banyak mengonsumsi makanan atau sayuran yang mengandung vitamin A, bayi akan mendapatkan asupan vitamin A yang cukup. Vitamin A ini utamanya akan berperan untuk memperbaiki kemampuan penglihatan bayi sehingga akan lebih cepat dalam merangsang dan mengenali warna. Selain itu, dengan banyak mengonsumsi vitamin A, bayi akan memiliki kekebalan tubuh yang baik dan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Contoh makanan dengan kandungan vitamin A, misalnya Wortel, Brokoli, Bayam

Vitamin B1 (Thiamin), B12, B3, B9

Vitamin B1 sangat diperlukan untuk membentuk sumber energi. Selain bagus buat si Ibu, nyatanya vitamin ini juga sangat diperlukan oleh bayi sebagai sumber energi dan peningkatan kemampuan otak. Vitamin B1 ini memiliki senyawa ATP (Adenosine Triphosphate). Contoh Makanan dengan kandungan vitamin B1, di antaranya ikan, telur, kedelai, kacang-kacangan. Selanjutnya, Vitamin B12 berguna untuk antioksidan dan mencegah kerusakan sel. Contoh makanan dengan kandungan vitamin B12 adalah Ikan salmon, ikan tuna, dan daging sapi.

Sementara, Vitamin B3 bermanfaat untuk reproduksi berbagai kelenjar dan hormon. Makanan dengan kandungan  vitamin B3: daging ayam, dan ikan-ikanan. Terakhir, Vitamin B9 mendukung pembentukan DNA dan RNA yang akan membantu perkembangbiakan sel dalam tubuh. Makanan dengan kandungan vitamin B9: Labu, buah bit, jagung.

Jadi, sebagai seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui, mengonsumsi vitamin B1, B12, B3, ataupun B9 adalah salah satu cara terbaik untuk memperbaiki nutrisi si kecil.

Vitamin C

Vitamin ini berguna untuk pembentukan kolagen yang dapat menutrisi rambut dan kulit. Sangat berguna tentunya untuk Bayi. Makanan dengan kandungan vitamin C, misalnya buah-buahan seperti jeruk, stroberi, nanas, jambu biji

Vitamin D

Di masa pertumbuhan, bayi akan sangat membutuhkan vitamin D untuk kesehatan tulang dan membuat tulang semakin kuat. Untuk itu, seorang ibu perlu mengonsumsi makanan yang mengandungi vitamin D yang memiliki kalsium dan magnesium.

Makanan dengan kandungan vitamin D, misalnya saja kuning telur, minyak ikan, dan jamur kancing.

Vitamin E

Untuk masalah otot, vitamin E sangat diperlukan. Makanan dengan kandungan vitamin E, misalnya Bayam, alpukat, kacang hazelnut.

Itu dia tadi paparan mengenai vitamin untuk ibu menyusui yang tentunya sangat baik untuk kesehatan Bunda dan buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *