Waktunya MPASI?Sebaiknya Hindari Makanan Ini ya Moms!

By | December 8, 2018

Bagaimana kabar moms hari ini? Memiliki bayi tentunya bukan hanya sebatas memiliki saja, namun juga perlu diperhatikan dari segi merawatnya juga. Moms, tahukah bahwa bayi itu merupakan guru yang paling baik bagi kita? Karena memang, menjadi orangtua itu sekolahnya adalah seumur hidup, jadi berikan yang terbaik pula bagi bayi kita saat sudah mulai memasuki usia pemberian makanan pendamping ASI. Konsumsi daun katuk bagi ibu menyusui juga baik loh, selain menyiapkan makanan yang terbaik bagi sang bayi.

Ada juga rekomendasi produk pelancar ASI dari ekstrak daun katuk, ini dia selengkapnya: https://review.bukalapak.com/mom/supaya-menyusui-semakin-lancar-cek-3-rekomendasi-produk-daun-katuk-ini-37285

Tetapi kali ini kita akan membicarakan mengenai makanan yang sebaiknya tidak diberikan atau bisa jadi terlarang untuk diberikan untuk usia bayi yang memasuki MPASI. Atau dengan kata lain sebaiknya ditunda dahulu diberikan ketika usianya lebih besar ya moms.

Ini dia berikut daftarnya!

  • Selai Kacang (Peanut Butter)

Walau selai kacang memiliki manfaat akan kandungan protein nabati, potasium, dan juga serat, tetapi sebaiknya jangan diberikan dahulu pada si kecil yang karena dapat menyebabkan plak pada gigi. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak mudah untuk membuat bayi menggosok giginya setiap saat sehabis makan.

  • Madu

Untuk jenis MPASI yang sebaiknya tidak dulu diberikan pada bayi usia di bawah satu tahun adalah madu. Meskipun madu memang kaya akan manfaat yang dimiliki, madu juga merupakan pemanis alami pengganti gula. Namun, ada madu yang mengandung spora dan kontaminan lainnya yang dapat menyebabkan infeksi pada bayi di bawah usia 1 tahun.

  • Putih Telur

Memang tidak semua makanan dewasa yang baik akan bermanfaat bagi tubuh bayi. Itu karena bayi memang memiliki tubuh yang juga masih rentan terhadap bakteri bakteri yang ada yang mungkin saja juga ikut dimiliki pada putih telur. Sebaiknya memang tunda dahulu agar si kecil semakin besar ya moms, untuk dapat mengonsumsi putih telur. Siapa tahu di kemudian hari dia jadi suka putih telurnya.

  • Makanan Laut atau Seafood

Meskipun tidak semua jenis makanan laut yang dilarang untuk dikonsumsi bagi bayi. Beberapa hasil laut seperti kerang, ikan, atau kepiting dapat menyebabkan alergi. Selain itu, adanya kemungkinan kandungan merkuri pada jenis kerang dan yang lainnya, tentunya akan berbahaya bagi sang bayi, termasuk orang dewasa juga ya.

  • Sayuran Mentah

Sering makan lalapan moms? Nah, mungkin lalapan atau sayuran mentah menjadi salah satu makanan favorit bagi orang dewasa, namun bukan hal yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat bayi memasuki usia MPASI. Biasanya pada sayuran mentah juga terdapat bakteri pengganggu yang dapat mempengaruhi pecernaan si kecil, selain itu, pemberian sayuran mentah juga memungkinkan bayi untuk tersedak loh moms.

  • Makanan Kalengan

Tunda dulu ya moms, untuk pemberian makanan kalengan bagi si kecil. Di samping karena bahan bahan pembuatannya mengandung juga zat pengawet maupun zat bahan tambahan pangan lainnya, makanan kalengan juga rentan dihinggapi bakteri botolinum, yang juga berakibat terjadinya keracunan makanan bagi si kecil. Hati hati ya moms, jangan sampai niat hati ingin cepat memberikan makanan agar tidak menangis lagi, malah berujung fatal.

  • Buah Jeruk Masam

Bukan berarti juga tak diperbolehkan, buah masam seperti jeruk memang kaya akan vitamin C yang tinggi. Tentunya rasa yang terlalu masam akan berakibat pada perut atau pencernaan bayi. Bila memang ingin mencoba mengenali rasa jeruk, sebaiknya pilih jeruk peras yang memang rasanya tidak terlalu masam untuk MPASI.

Semangat memberikan yang terbaik untuk si kecil ya moms!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *