Yuk Perhatikan, Jangan-Jangan ini Tanda Wanita Hamil Muda 1 Minggu!

By | November 4, 2018

Bagi kamu yang merupakan pasangan yang baru menikah, pendidikan mengenai kehamilan sangatlah penting untuk laki-laki dan juga wanita. Mengapa? Lahirnya seorang anak dan juga pendidikannya adalah kewajiban bersama sehingga ketika fase kehamilan maka kewajiban pasangan untuk memberikan perhatian berupa asupan makanan yang bernutrisi serta istirahat yang cukup. Namun ternyata tidak semua wanita menyadari ketika mereka sedang mengandung di awal pernikahan, hal tersebut dikarenakan karena tanda-tanda awal kehamilan yang tidak terlalu kelihatan.

Masa awal kehamilan adalah fase terbaik untuk ibu lebih memperhatikan keadaan dirinya dan juga janin dikarenakan pada fase tersebut perkembangan otak sudah dimulai sehingga para wanita ataupun calon ibu harus mengeahui apa saja gejala awal kehamilan minggu pertama.

Berikut beberapa tanda wanita hamil muda 1 minggu yang harus kamu ketahui :

  1. Emosi Tidak Stabil

Tanda wanita hamil muda 1 minggu bisa dilihat dari perubahan emosinya. Hal tersebut dikarenakan perubahan hormon setelah proses pembuahan membuat ibu mudah untuk sedih, marah, ataupun menangis. Penyebab hormonal ini tidak ada obatnya sehingga sebaiknya orang di sekitar bisa lebih memahami keadaan ibu hamil tersebut dengan cara tidak memancing emosi dan berusahan meredakan emosi ibu hamil jika marah ataupun menangis tanpa sebab.

 

  1. Konstipasi

Keadaan susah buang air besar ini biasanya terjadi ketika kehamilan trimester pertama. Hal tersebut dikarenakan karena hormone kehamilan (progesteron dan estrogen) yang meningkat sehingga mengakibatkan proses pencernaan di usus besar menjadi lebih lama dari biasanya. Keadaan ini akan lebih parah ketika janin sudah mulai membesar sehingga ibu hamil bisa mengatasinya dengan cara mengonsumsi makanan yang berserat tinggi sehingga mempermudah untuk buang air besar.

 

  1. Nafsu Makan yang Meningkat

Keadaan awal kehamilan untuk beberapa ibu biasanya ditandai dengan nafsu makan yang meningkat. Hal tersebut sebenarnya baik untuk ibu dikarenakan dalam kondisi hamil maka kebutuhan kalori memang meningkat. Selain itu, terkadang ibu hamil akan mengalami ngidam atau menginginkan makanan secara tiba-tiba dan bisa jadi susah untuk dipenuhi oleh pasangannya.

 

  1. Suhu Badan Naik

Setelah terjadi pembuahan, tubuh wanita memang akan mengalami perubahan baik dari segi hormon, suhu tubuh, dan emosi. Suhu basal tubuh akan mengalami kenaikan dalam waktu satu atau dua minggu setelah pembuahan. Ketika usia kehamilan sudah menginjak usia dua minggu maka suhu tubuh akan kembali normal seperti biasanya. Kenaikan suhu tubuh tersebut sangatlah alami sehingga para ibu jangan terlalu khawatir.

 

  1. Perubahan pada Payudara

Perubahan hormon progesteron dan esterogen selama kehamilan adalah hal yang wajah dan salah satu perubahannya adalah membuat bagian payudara menjadi lebih lembut. Biasanya keadaan seperti ini akan terjadi setelah satu atau dua minggu setelah pembuahan.

Hal lain yang terjadi pada payudara selama awal kehamilan adalah munculnya lingkaran hitam pada puting payudara. Tanda tersebut merupakan bukti bahwa ibu sudah siapa untuk menyusui. Jika sudah muncul lingkaran hitam tersebut maka ukuran payudara akan semakin membesar dan menjadi lebih lembut. Payudara yang membesar juga akan membuat ibu harus menyesuaikan ukuran bra agar nyaman digunakan.

Menjadi seorang ibu memang memberikan banyak pengalaman yang berharga sehingga para ibu harus mempersiapkan dengan baik fase-fase kehamilan dengan mempersiapkannya sejak dini agar janin yang dikandung sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *