Bibit Pohon Bidara

Selain Bidara Cina di Jatinegara, Jakarta Timur, terdapat juga tempat-tempat lain yang menggunakan nama pohon Bidara sebagai identitas daerahnya. Mari kita sebut saja Widara, di daerah Jawa dan Sunda, Bukol di Madura, Bekul di Bali, Bedara di Alor, Bidara di Makassar, Kalangga di Sumba, dan masih banyak lagi. Sebagaimana hakikat bahasa, Bidara memiliki sebutan berbeda di berbagai daerah. Tidak hanya di Indonesia, Bidara juga dikenal di daerah lain seperti Epal Siam di Malaysia, Manzanitas di Filipina, dan Jujubier di Prancis. Apa istimewanya Bidara? Katanya, bibit pohon Bidara memiliki banyak khasiat, apa sajakah itu? Mari ketahui dengan membaca tulisan ini sampai selesai.

Manfaat Pohon Bidara yang Perlu Kamu Tahu

Buah Bidara Dapat Dimakan Langsung atau Dijadikan Minuman Segar

Pohon Bidara yang dirawat dengan baik kerap berbuah segar. Dalam beberapa contoh, buah Bidara kerap dikeringkan, diolah menjadi manisan, atau disangrai. Buah Bidara juga sering dirujak dengan dicampur garam atau sambal. Memang agak pahit, namun buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, karoten, dan lemak. Selain buahnya, daun pohon Bidara juga bisa diolah menjadi hidangan. Daunnya yang muda diolah menjadi sayur, dan daunnya yang tua biasanya diberikan untuk hewan ternak. Di samping itu, rebusan daun Bidara dapat dijadikan sebagai jamu. Pada lain hal, daun Bidara yang kerap berbusa ketika diremas dengan air sering digunakan untuk memandikan penderita demam dan juga digunakan untuk memandikan mayat.

Kulit Kayu Bidara Dapat Mengobati Sakit Perut

Beberapa bagian lain dari pohon Bidara juga bermanfaat sebagai obat. Biasanya untuk melancarkan saluran pencernaan dan obat luka. Orang-orang Jawa biasa menggunakan kulit kayu pohon Bidara sebagai obat guna mengatasi gangguan pencernaan. Sementara di Malaysia, kulit kayu tersebut digerus sampai halus untuk menghilangkan sakit perut. Kulit kayu pohon Bidara dipercaya mengandung tonikum yang mampu mengobati penyakit lambung dan usus. Demikian pula akarnya, dengan campuran pucuk pulasari dan bawang putih dapat mengatasi kencing berdarah.

Berbagai Manfaat dari Kayu Pohon Bidara

Kayu pohon Bidara berwarna agak merah, teksturnya halus, dan mampu bertahan lama. Banyak pengrajin yang membuat barang bubutan, perabot dapur, dan peralatan lain dari kayu pohon Bidara. Orang-orang Bali menjadikan kayu pohon Bidara sebagai gagang kapak, gagang pisau, gagang pahat, dan perkakas lainnya. Kayunya terbilang tidak terlalu berat, namun dapat bertahan lama. Ketika diserut, kayunya yang bisa berwarna kuning kecoklatan, merah pucat, coklat, sampai coklat pekat. Ketika dikeringkan dengan baik, kayu ini akan sangat bermanfaat sebagai bahan bangunan. Selain pemanfaatan tersebut, kayu pohon Bidara juga cocok digunakan untuk furniture seperti lemari, kursi, peti kemas, dan lain-lain.

Pohon Bidara

Sementara kayunya dapat diolah dengan saksama, batang pohon Bidara yang tidak berkualitas dapat dijadikan kayu bakar, nilai kalorinya sangat tinggi sehingga mudah dilalap api. Selain dijadikan kayu bakar, banyak pelaku bisnis yang membuat arang berbahan kayu pohon Bidara. Di samping batang kayu, rantingnya yang menjuntai ke bawah sangat efisien untuk dijadikan kayu bakar. Sementara itu, kulit kayu pohon Bidara juga dapat diolah menjadi bahan pewarna seperti warna coklat kemerahan dan abu-abu.

Demikian manfaat dari pohon Bidara yang dapat kami bagi. Apabila kamu tertarik untuk memeliharanya, beragam situs jual beli online telah banyak menjual bibit pohon Bidara yang dapat dirawat sampai besar. Silakan buka tautan https://www.bukalapak.com/trend/bibit-pohon-bidara untuk melihat macam-macam harga dan jenis pohon Bidara yang dijual di pasaran.