Home General 5 Ide Permainan Anak yang Positif Selama PSBB

5 Ide Permainan Anak yang Positif Selama PSBB

by Erin Nuzulia

Keadaan di rumah saja karena kondisi Covid-19 ini memberikan tantangan tersendiri bagi para Ibu, khususnya dalam mencari permainan anak. Tidak hanya bagi para Ibu yang sudah memili anak usia sekolah, tantangan juga tak lepas bagi para Ibu yang memiliki anak balita. Dengan kondisi yang ada membuat segala aktivitas hanya dapat dilakukan di dalam rumah. Mungkin sebelumnya, mudah saja bagi para Ibu untuk mengizinkan anak-anaknya menghabiskan waktu di lapangan kompleks rumah. Tapi kali ini pastinya berbeda. Oleh karena itu berbagai ide permain anak sangat dibutuhkan untuk memastikan anak-anak menghabiskan waktu dengan positif, tidak bergantung pada gadget.

Berikut adalah 3 ide permainan anak yang dapat para Ibu aplikasikan di rumah.

5 Ide Permainan Anak yang Positif Selama PSBB

Permainan Bingo

permainan anak

Foto : Tip Junkie

Bingo merupakan permainan menandai gambar atau nomor pada 25 kotak. Pemain yang berhasil menandai lima deret gambar atau angka tersebut dialah pemenangnya. Permainan ini bisa disesuaikan dengan kondisi pembelajaran yang sedang diajarkan kepada sang Anak. Misalnya di masa pengenalan angka, simbol yang digunakan tentunya bisa berupa angka. Jika anak sedang mempelajari kosakata Bahasa Inggris, Anda bisa menggunakan beberapa gambar dan menyebutkannya dengan sebutan dalam Bahasa Inggris.

Bermain Cat Air

Mencorat-coret kertas dengan berbagai warna pastinya seru bagi anak – anak. Ibu tidak perlu khawatir kotor, karena cat air cenderung mudah dibersihkan. Pastikan saja Anda menyediakan beberapa perlengkapannya, seperti kertas besar untuk membuat aneka coretan, pallete tinta, serta alas plastik jika tidak ingin mengotori lantai sama sekali. Keseruan akan semakin bertambah jika pengaplikasian cat langsung menggunakan jari jemarinya bukan menggunakan kuas.

Membuat Slime

Foto : Juggling with Kids

Membuat slime adalah kegiatan yang sering menjadi andalan para Ibu untuk menciptakan aktivitas positif anak di rumah. Selain caranya yang mudah, bahan – bahan untuk pembuatannya juga mudah didapatkan dan banyak alternatif pilihannya. Pastikan Anda memilih alternatif bahan yang aman untuk anak, seperti tepung kanji sebagai pengganti lem, pewarna makanan dan minyak goreng. Dengan berkegiatan ini, Anda juga dapat melatih sensor motorik anak.

Menanam Tanaman Hidroponik

Pada kondisi saat ini sangat dirasakan makna dari sebuah kemandirian mulai dari rumah. Oleh karena itu kegiatan menanam tanaman hidroponik bisa menjadi kegiatan positif yang dapat membantu anak membunuh kebosanan sekaligus mengajarkan kemandirian. Dengan menanam sayuran sendiri di rumah, akan membukakan pikirannya bahwa tidak semua hal hanya bisa didapat dengan cari dibeli. Melainkan manusia dapat mengusahakan segala hal untuk bisa memproduksi kebutuhannya sendiri di rumah. Aktivitas ini tidak dapat dilakukan satu kali, karena ada beberapa tahapan treatment di hari-hari berikutnya. Ini akan menjadi pengalaman berharga bagi si kecil.

Memasak di Dapur

Rasanya semua anak kecil selalu penasaran dengan berbagai kegiatan yang biasa dikerjakan para Ibu di dapur. Mengaduk tepung, menggoreng, memotong berbagai bahan makanan. Sebenarnya kegiatan rutin Ibu memasak bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan bagi Anak. Sebelumnya pastikan Anda sudah menyediakan peralatan memasak khusus untuk anak agar terjamin keamanannya. Pilihlah menu makanan yang sederhana, seperti mengolah pancake, membuat bolu, atau memasak sop. Berkegiatan di dapur bukan hanya permainan anak perempuan, permainan ini akan menjadi pengalaman yang asyik juga bagi anak laki – laki.

Bagaimana sudah siap untuk menerapkannya di rumah ? Walaupun kondisi yang disebabkan covid 19 ini belum jelas kapan berakhir, mudah-mudahan Anda tidak patah semangat untuk terus berusaha menemani dan memberikan kegiatan positif untuk anak-anak di rumah.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More